Sony Project Morpheus Resmi Meluncur Awal 2016

Oleh Alena Yulitta on Jumat, 22 Jul 2016 | 16:54

Keduluan Oculus dalam merilis alat Virtual Reality, Sony akhirnya bergegas untuk mengumumkan alat serupa. Demi menyaingi Oculus Rift, Sony Project Morpheus akan diluncurkan awal tahun depan, paling lambar akhir semester pertama 2016. Piranti yang termasuk baru ini sudah mengalami berbagai evolusi dan juga perbaikan.

Sony mengumumkan kehadiran Sony Project Morpheus di ajang E3 2015 yang lalu. Perangkat yang berguna untuk menyajikan hiburan dengan mempergunakan kaca mata virtual reality ini akan fokus pada sisi gaming, hal dimana Sony telah menjadi salah satu ahlinya dengan perangkat Sony Playstation. Sayangnya tidak ada pemberitahuan yang lengkat mengenai kehadiran Sony Project Morpheus ini.

Baca juga: Sony Cyber-Shot DSC-KW11, Kamera Selfie Khusus Cewek

Informasi yang ada hanya sekitar penggunaan display OLEG 5,7 inci yang kira-kira mempunyai ukuran yang sama seperti Oculus Rift yang dibuat oleh Oculus bekerja sama dengan Microsoft. Resolusi pada display Sony Project Morpheus sudah full HD yaitu 1920 x 1080 piksel.

Fitur yang agak lain pada Sony Project Morpheus adalah layar 90 derajat untuk memperluas sudut pandang pengguna dan meminimalis blur. Fitur ini tak ada pada Oculus yang hanya membekali sengan lensa yang bisa digeser sehingga bisa pas dengan fokus mata pengguna.

Baca juga: Pre-Order Xperia Z3+ di Dinomarket Gratis Smartwatch

Seperti pada Oculus Rift, Sony Project Morpheus juga dibekali dengan berbagai sensor yang berguna merespon gerakan pengguna saat bermain game. Sensor tersebut antara lain adalah Gyroscope dan juga accelerometer. Namun sayang tidak diketahui apakah Sony Project Morpheus ini mempunyai fitur untuk merespon gerakan pengguna berdasarkan 3 sumbu.

Setelah beberapa tahun mengoprek dan mengembangkan Sony Project Morpheus maka Sony dengan bangga mengatakan bahwa Sony Project Morpheus nantinya akan bisa dipergunakan bersamaan dengan konsol game Playstation 4 dan juga Dualshock 4 controller. Fitur istimewa piranti ini adalah adanya dual display, satu gambar ditampilkan pada headset Sony Project Morpheus sementara gambar yang lain ditampilkan pada TV dengan mempergunakan semacam alat, sehingga orang lain bisa melihat apa yang pengguna Sony Project Morpheus sedang mainkan. Tak lupa Sony menambahkan teknologi 3D dan juga sekitar 20 game baru yang kompatibel dengan kacamata VR ini.

 

Baca juga artikel

Smartphone Sony dengan RAM 2GB Terbaik Saat Ini

Sony Luncurkan Xperia Z4v dengan Layar QHD dan Support Wireless Charging

Smartphone Sony Octa Core terbaik Saat Ini

Artikel Lainnya

Komentar