Oculus Rift, Perangkat Virtual Reality dengan Dua Layar OLED

Oleh Tedi Yuni A on Selasa, 23 Jun 2015 | 09:33

Sejak beberapa tahun yang lalu ada beberapa perusahaan yang mengembangkan alat khusus untuk tampilan virtual reality. Sebut saja Samsung Gear VR, HTC Vive, Oculus Rift, dan Sony Morpheus. Bahkan kini Google mengembangkan sebuah alat virtual reality dengan mempergunakan kardus dan diberi nama Google Cardboard. Salah satu yang paling lama dan paling intense mengembangkan alat virtual reality adalah Oculus dengan Oculus Rift-nya.

Perangkat ini telah 3 tahun menjalani evolusi dan telah diuji coba oleh berbagai developer, hingga akhir-akhir ini diumumkan telah mendapatkan bentuk final mereka. Oculus menjanjikan bahwa perangkat Oculus Rift Final Version mereka akan segera hadir tahun depan. Pengumuman ini diumumkan saat salah satu petinggi Oculus melakukan konferensi pers di ajang Pra-E3 2015, 12 Juni kemarin. Bentuknya sekarang sudah semakin baik dan teknologi yang dibawa juga sesuai dengan tuntutan jaman.

Baca juga: Tiap Minggu Google Play Store Gratiskan Aplikasi Berbayar

Dari press release yang dimuat di salah satu website gadget, Oculus Rift akan mempunyai dua buah layar yang terbuat dari panel OLED. Panel tersebut dipasangkan dengan sepasang lensa. Resolusi yang mampu ditampilkan pada layar OLED tersebut mencapai 2160x1200 piksel sementara resolusi per panel mata adalah 1080 x 1200 piksel. Pada sisi-sisi headset VR ini Oculus memberikan tombol setting untuk mengatur jarak panel dan juga lensa agar sesuai dengan fokus mata pengguna.

Headset Oculus Rift juga dibekali dengan pendeteksi gerak kepala yang berkemampuan 6DOF (6 degree of freedom) atau 6 dimensi gerak yang memanfaatkan kombinasi dari sensor magnetometer, akselerometer, dan gyrometer yang mendeteksi gerakan kepala dalam tiga sumbu. Terdapat pula removable headset yang bisa pasang dan lepas, sehingga pengguna bisa memilih headphone terbaik menurut selera mereka.

Baca juga: Beli Aplikasi di Google Play Sekarang Bisa Pakai Pulsa XL

Untuk kontrol, terdapat pengendali bernama Oculus Touch, fitur ini sengaja ditambahkan karena bentuk akhir Oculus Rift adalah untuk keperluan gaming dan bahkan ada desas-desus perangkat ini akan dijual satu paket dengan Xbox One Console. Game-game yang telah siap dimainkan dengan perangkat ini adalah EVE:Valkyrie, Edge of Nowhere, Chronos, VR Sports Challenge, Esper, Damaged Core, Lucky Tale dan juga AirMEch VR. Tertarik? Tentunya Anda harus menabung dulu untuk membeli perangkat ini.

 

Baca juga artikel

Google menghadirkan Kategori Family

Fitur Android M yang Hanya Akan Didapati di Tablet

10 Game Android Gratis Terbaik yang Layak Anda Install

Artikel Lainnya

Komentar