Tombol Cortana Dijanjikan Ada di Setiap Laptop Toshiba

Oleh Alena Yulitta on Jumat, 22 Jul 2016 | 16:31

Jika nanti melihat di laptop Toshiba baru Anda ada tombol dengan gambar lingkaran biru, itu bukan iklan KB, melainkan tombol Cortana. Tahukan apa itu Cortana? Cortana adalah asisten pribadi yang terdapat pada OS Windows 8.1 dan nantinya di Windows 10 yang rencananya akan luncur 29 Juli mendatang. Cortana bekerja mirip dengan Siri pada Apple dan juga Google Now pada Android, yaitu dengan perintah suara dari pengguna.

Oleh sebab itu Toshiba menjanjikan semua laptop terbarunya akan dibekali dengan tombol Cortana ini. Tombol ini akan dibuatkan khusus dan diletakkan di dekat tombol 'Esc' yaitu di bagian kiri-atas keyboard. Fungsi tombol tersebut adalah untuk mengaktifkan asisten pribadi Cortana tersebut agar pengguna bisa memberikan perintah dengan suara (Voice Command). 

Karena Cortana memang bekerja dengan Voice Command, maka Toshiba tak hanya memberikan tombol Cortana pada laptopnya, namun juga memberikan sebuah mic baru dengan High Fidelity yang mampu menangkap suara dengan baik sehingga apapun yang Anda ucapkan dapat dimengerti dengan baik oleh Cortana dan kemudian dijalankan. Tentunya microphone dan tombol Cortana ini membantu interaksi Anda dengan Cortana tanpa harus selalu menyentuh layar.

Baca juga10 Game Android Gratis Terbaik yang Layak Anda Install

Seperti dikutip dari pcworld.com, Toshiba juga berjanji menempatkan tombol dan mic khusus Cortana ini pada semua produknya, yang berarti tak hanya pada seri tertentu, namun juga semua seri laptop termasuk seri untuk entry level yang biasanya harganya murah. Toshiba tak sendirian dalam menyambut era Cortana, Logitech ternyata juga sudah bersiap menyambut kehadiran Cortana dengan membuat sebuah mouse dengan sebuah tombol khusus untuk mengaktifkan Cortana. Bahkan Microsoft sendiri juga memiliki pemikiran sama dengan Logitech dengan membuat mouse khusus.

Namun teknologi tersebut tidak akan bisa dinikmati hingga Microsoft meluncurkan Windows 10 terbaru. Kabarnya OS ini akan segera meluncur pada 29 Juli mendatang, itupun jika tak ada masalah atau bug yang terjadi. Kita tunggu saja.

 

Baca juga artikel

Sambut Ramadhan, Xiaomi Tawarkan Redmi 2 dengan Harga Lebih Terjangkau

Vivo X5 Pro, Octa Core Seharga Rp 5 Juta Tapi RAM Cuma 2GB

Cara Mengoneksikan Perangkat Android ke TV

Artikel Lainnya

Komentar