Fitur Android M yang Hanya Akan Didapati di Tablet

Oleh Alena Yulitta on Selasa, 16 Jun 2015 | 13:37

Setelah diperkenalkan pada ajang Google I/O beberapa minggu yang lalu, Android M menuai banyak komentar dan prediksi. Banyak orang yang yang kemudian mencari tahu kepanjangan dari huruf “M” tersebut, ada pula yang mencari tahu fitur-fitur baru yang ditawarkan oleh Android M kepada pengguna, padahal secara resmi Android M baru akan diluncurkan musim gugur mendatang.

Ada banyak fitur baru yang dipunyai Android M yang akan membuat para pengguna Android kagum, seperti fitur penghemat baterai yang mampu menghemat hingga 50% pemakaian baterai dengan cara mematikan semua layanan online ketika HP sedang  tak digunakan. Ada pula pengembangan Android Pay yang menggantikan Google Wallet, serta fitur-fitur lain. Namun tahukah ada jika ada tiga fitur Android M yang hanya bisa dinikmati di tablet? Apa sajakah mereka? Inilah dia:

Split Screen Keyboard

Split screen keyboard adalah papan ketik virtual yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu kiri dan kanan. Keyboard ini terbelah pas ditengah dan diletakan di sisi layar mepet ke pinggir. Tujuan dari split screen keyboard ini adalah agar pengguna bisa mengetik dengan lebih nyaman karena di tablet, jempol atau jari Anda tak akan bisa meraih huruf-huruf yang paling jauh letaknya.

Baca juga10 Game Android Gratis Terbaik yang Layak Anda Install

Cara mengaktifkan split screen keyboard ini dengan cara masuk ke menu setting Apps, pada bagian ‘Personal’ tap pada menu Language & Input.  Pada menu Meyboard & Input Method, sentuh pada Google Keyboard dan kemudian pilih lagi Appearance & Layout,sentuh menu Enable Split Keyboard Function On.

Perubahan Pada Notification Tray

Pada  tablet dengan OS Android M, notification tray atau bar notifikasi berubah dan berpindah tempat, tergantung dimana Anda meletakan dan menyentuhkan jari. Fitur ini paling pas dipergunakan jika tablet dalam kondisi tidur. Sentuhkan saja ujung jari Anda pada bagian paling atas layar dimana biasanya Anda melihat notifikasi dan notification tray akan muncul pada tempat dimana jari Anda menyentuhkan, jadi tak akan selalu berada di tengah. Sentuh daerah sisi lain maka notification tray juga akan mengikuti jari Anda.

Baca juga Asus Zenfone Anda Rusak? Kenali Garansi dan Tempat Perbaikinya.

Multi Windows Mode

Multi window baru ada pada smartphone dengan OS Windows 8.1 dan iOS. Android M mencoba membawanya ke pengguna Android, sehingga pada layar yang sama Anda bisa bekerja pada beberapa aplikasi atau window secara simultan. Fitur ini hanya ada dan bisa dipergunakan pada tablet yang mempunyai layar lebih besar dari smartphone. Namun sayang fitur multi windows ini masih belum final dan banyak terdapat bug.

 

Baca juga artikel

Sambut Ramadhan, Xiaomi Tawarkan Redmi 2 dengan Harga Lebih Terjangkau

Vivo X5 Pro, Octa Core Seharga Rp 5 Juta Tapi RAM Cuma 2GB

Cara Mengoneksikan Perangkat Android ke TV

Artikel Lainnya

Komentar