Rumor: BlackBerry Akhirnya “Main” Android Juga di Perangkatnya

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 16 Jun 2015 | 11:52

 

Dunia gadget baru-baru ini dihebohkan dengan munculnya rumor bahwa BlackBerry akan mulai memproduksi perangkat dengan sistem operasi Android. Seperti yang diketahui, vendor BlackBerry menjadi salah satu vendor yang memiliki sistem operasi sendiri seperti Google dengan Androidnya, Microsoft dengan Windows-nya atau Apple dengan iOS-nya.

Hal ini semakin jelas mengingat posisi BlackBerry di pasar gadget dunia terus merosot. Bahkan menurut sebuah survey yang dilakukan di seluruh dunia di trisemeter pertama tahun 2015, ponsel milik BlackBerry hanya menguasai 1 persen saja dari seluruh smartphone yang digunakan di dunia saat ini. Bahkan di Amerika, ponsel BlackBerry ini hanya menguasi 1,5 persen pasar ponsel saja.

Baca juga10 Game Android Gratis Terbaik yang Layak Anda Install

Dengan mulai ditinggalkannya BlackBerry oleh penggemar mereka, Vendor BlackBerry mulai merubah fokus mereka beberapa tahun ini. Perusahaan ini mulai mempertimbangkan untuk bisa melayani semua perangkat dari berbagai sistem operasi. Ini menjadi strategi terbaru dari BlackBerry Enterprise Server 12 atau BES12 yang mengatur kerjasama dengan berbagai perusahaan komunikasi pembuat perangkat dan  sistem operasi seperti Android, BlackBerry, iOS hingga Windows.

Untuk membantu pengembangan BES12, pihak BlackBerry dikabarkan sedang menyiapkan sebuah ponsel Android. Seperti ditulis Reuters, kemungkinan BlackBerry akan memperkenalkan sebuah ponsel slider dengan sistem operasi berbeda pada ajang Mobile World Congress. Perangkat tersebut diharapkan menjadi ponsel Android pertama dari BlackBerry. Perangkat Android ini kabarnya juga akan dibekali teknologi terkini seperti layar curved touchscreen dan slide out keyboard QWERTY khas BlackBerry.

Baca juga Asus Zenfone Anda Rusak? Kenali Garansi dan Tempat Perbaikinya.

Kehadiran ponsel Android dari BlackBerry ini tentu membawa perubahan yang cukup menarik pada dunia gadget. Pasalnya, dalam satu perangkat, Anda akan mendapati dua atau lebih kegunaan. Misal, Anda bisa mengakses aplikasi Android di Google Play Store dan menggunakan aplikasi khas BlackBerry dalam satu ponsel. Bahkan kedepannya, ponsel BlackBerry bisa saja dihapuskan. Pasalnya, saat ini BlackBerry sedang mengembangkan BlackBerry Experience Suite sehingga berbagai aplikasi dari BlackBerry bisa digunakan di berbagai perangkat dengan sistem operasi lainnya.

Namun, hingga kini belum ada konfirmasi lebih lanjut mengenai produk ponsel Android dari BlackBerry ini. Belum ada keterangan apakah ponsel ini akan dijual secara bebas atau hanya untuk prototype saja. Namun, memang sudah saatnya BlackBerry melakukan perubahan bila tidak ingin lenyap dari pasar gadget saat ini. 

Harga Smartphone Blackberry Juni 2015

No Smartphone Harga terendah
1 BlackBerry Z30 Rp. 3.500.000
2 BlackBerry Curve 9320 Armstrong Rp.    863.500
3 BlackBerry Curve 3G 9300 Kepler Rp.    590.000
4 BlackBerry Q20 Classic Rp. 4.250.000
5 BlackBerry Q10 Rp. 2.000.000

 

Baca juga artikel

Sambut Ramadhan, Xiaomi Tawarkan Redmi 2 dengan Harga Lebih Terjangkau

Vivo X5 Pro, Octa Core Seharga Rp 5 Juta Tapi RAM Cuma 2GB

Cara Mengoneksikan Perangkat Android ke TV

Artikel Lainnya

Komentar