Libur Telah Tiba! Siapa yang Mau Anda Ajak, Sony HX90V Atau Panasonic TZ70?

Oleh Aris Wibowo on Senin, 27 Jun 2016 | 13:16

Beberapa waktu lalu, Sony melepas sebuah kamera digital berdesain kompak bernama Sony HX90V. Kamera ini hadir dengan desain yang mungil namun dibekali sensor dan lensa mumpuni sehingga cocok untuk teman perjalanan Anda.

Hehadiran kamera ini disebut-sebut untuk menghadang laju kamera digital travel sebelumnya, Panasonic TZ70. Kamera dari Panasonic ini hadir dengan lensa yang mumpuni bahkan sanggup menangkap objek di tempat bercahaya minim dengan detail. Lalu, manakah diantara kedua kamera ini yang layak dibeli untuk teman travel Anda? berikut perbandingan spesifikasi keduanya.

Baca jugaJangan Balas “Amin” Untuk SMS Doa Ini!

Spesifikasi Sony HX90V Atau Panasonic TZ70

Sony HX90V Spesifikasi Panasonic TZ70
18.2MP Resolusi Kamera 12.1MP
x30 Zoom Optik x30
CMOS Tipe Sensor High Sensitivity MOS Sensor
12800 ISO Maksimum 6400

Desain

Untuk desain body, Sony hadir dengan bodi yang lebih kecil dan ringkas dibanding kamera Panasonic. Sony HX90V bahkan dibekali handgrip yang cukup nyaman dan mudah digenggam.  Panasonic TZ70 juga tampil menarik dengan desain bodi yang kokoh. Namun, bila untuk perangkat perjalanan tampaknya Sony lebih unggul karena lebih kecil dan ringan sehingga mudah dibawa.

Lensa

Seperti dilansir amateurphotographer.co.uk, kedua kamera hadir dengan lensa yang tidak bisa dilepas berbeda halnya dengan kamera DSLR. Kedua kamera juga menggunakan lensa yang berukuran sama yakni focal range 24 – 720 mm. Dengan lensa ini pengguna bisa memotret objek yang dekat maupun objek jarak jauh dengan baik. Pasalnya, kedua lensa kamera dibekali fitur 30x optical zoom.

Baca jugaDaftar harga Clearance Sale Erafone di ICS (Indonesia Cellular Show)

Resolusi

Kalau berbicara resolusi kedua kamera, Sony tampaknya hadir dengan sensor yang lebih besar. Kamera digital Sony mengusung sensor 18,2 MP, sementara TZ70 hanya dibekali sensor resolusi 12 MP. Jika Anda ingin mengambil gambar dengan lebih detail dan jelas nampaknya, kamera Sony terbaru ini menjadi pilihan yang pas. Walaupun demikian, kamera Panasonic terbaru juga unggul kala digunakan dikondisi cahaya yang minim.

Layar

Mencoba menghadirkan sesuatu yang beda, Sony menggunakan layar LCD berukuran 3 inci. Menariknya, layar ini mampu diputar hingga 180 derajat sehingga cocok untuk selfie. Sedangkan Panasonic hanya mengandalkan layar LCD standar 3 inci.

Electronic Viewfinder

Sebagai lubang intip kala membidik objek, kedua kamera sudah dibekali electronic viewfinder. Sayangnya, viewfinder pada Panasonic nampak lebih kecil dan resolusi yang diusung juga kecil. Sony untungnya membawa teknologi viewfinder pada kamera seri RX100 III sehingga lebih besar dengan resolusi yang besar pula.

RAW Support

Bagi beberapa fotografer professional, file foto dengan fitur RAW mudah untuk diedit daripada file JPG atau JPEG. Ini menjadi kelemahan Sony HX90V yang ternyata tidak support file RAW hanya JPEG saja. Sementara itu, Panasonic TZ70 support keduanya RAW dan JPEG.

Kesimpulan

Dijual dengan harga yang tak terlampau berbeda di kelas kamera 4 jutaan, Sony HX90V dan Panasonic TZ70 memang dirancang untuk aktifitas dan mobilitas yang padat. Namun, harus diakui Sony hadir dengan fitur yang lebih lengkap bahkan dibekali fitur GPS dan WiFi untuk memudahkan Anda memindahkan foto ke smartphone. Sementara Panasonic hanya menambahkan fitur WiFi saja.

 

Baca juga artikel

5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Rumor: Asus Garap Zenfone 3 dengan Spesifikasi di Bawah Zenfone 2

Ukur Tingkat Ketergantungan Pada Handphone Lewat Tes Ini. Waspadai Sindrom Nomophobia!

Artikel Lainnya

Komentar