Aplikasi Pangea, Berselancar di Internet Tanpa Koneksi Data

Oleh Nadia Maharani on Kamis, 11 Jun 2015 | 20:41

Hampir seluruh aspek kehidupan kita saat ini tergantung pada internet. Tak sedikit pengoperasian bisnis yang mengandalkan produk teknologi terbesar abad ini tersebut. Tak bisa dipungkiri, dengan adanya internet, segala hal dapat dilakukan secara praktis. Tidak terbayang berapa besar efisiensi biaya yang telah dilakukan untuk melaksanakan suatu kegiatan dengan memanfaatkan internet.

Anda tentu juga menggunakan internet untuk menemani aktivitas Anda sehari-hari. Berbekal koneksi data, Anda bisa bebas berselancar ke dunia maya. Namun, tahukah Anda bila masih ada empat milyar orang di dunia yang belum terhubung dengan internet. Ketiadaan koneksi data menghalangi mereka untuk memanfaatkan internet. Untuk itulah kini hadir Pangea.

Baca jugaJangan Balas “Amin” Untuk SMS Doa Ini!

Pangea menghubungkan mereka yang tak memiliki akses online dengan internet. Dengan cara mengirim dan menerima data melalui infrastuktur yang digunakan untuk mengirim panggilan suara, Pangea memberikan kesempatan pada banyak orang untuk menjelajahi dunia maya.

Layanan ini dibuat berdasarkan data terkait penggunaan internet di dunia. Masih banyak area yang belum ter-cover koneksi internet. Hanya sekitar 8% area di Afrika yang dijangkau oleh 3G. Selain itu, beberapa negara memiliki data plan dengan harga fantastis dan kerap tak mampu dijangkau oleh masyarakat yang notabene berpenghasilan rendah.

Kehadiran Pangea menjadi salah satu solusi untuk memeratakan kesempatan menikmati manfaat internet. Metode yang digunakannya, yakni mengubah data menjadi gelombang suara, membuatnya amat efektif. Saat ini, Pangea tersedia untuk konten teks. Namun tak usah khawatir, Vlad selaku co-founder menyebutkan bila layanan tersebut juga akan tersedia untuk Android meski koneksinya sedikit melambat.

Baca jugaDaftar harga Clearance Sale Erafone di ICS (Indonesia Cellular Show)

Memang, untuk bisa menggunakan Pangea, pengguna harus terkoneksi ke internet terlebih dahulu untuk meng-install aplikasinya di perangkat mereka. File aplikasi itu nantinya bisa dikirim ke perangkat lain via Bluetooth. Melalui aplikasi tersebut, pengguna akan mempunyai akses ke internet tanpa koneksi data.

Pada musim panas ini, Pangea berencana untuk membuka layanan di Nigeria. Layanan tersebut terealisasi berkat kerjasama dengan berbagai provider nirkabel terbesar di Afrika. Tak lama kemudian, perusahaan tersebut juga akan memperluas jangkauan ke berbagai benua.

 

Baca juga artikel

5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Rumor: Asus Garap Zenfone 3 dengan Spesifikasi di Bawah Zenfone 2

Ukur Tingkat Ketergantungan Pada Handphone Lewat Tes Ini. Waspadai Sindrom Nomophobia!

Artikel Lainnya

Komentar