Fitur-fitur  yang Akan Hilang Bila Menggunakan Windows 10

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 11 Jun 2015 | 19:48

Beberapa bulan lalu, Microsoft memperkenalkan ke publik sistem operasi terbaru miliknya, Windows 10. Sistem ini hadir melalui pengembangan dari sistem operasi windows 7 dan windows 8.1. Kabarnya, sistem operasi terbaru ini akan resmi dirilis secara gratis di tahun pertama pada akhir Juli mendatang.

Segera dirilisnya Windows 10 merupakan kabar yang menarik karena pengguna bisa mendapatkan berbagai fitur baru seperti hadirnya aplikasi Cortana, Microsoft Edge web browser dan masih banyak lagi. Sayangnya, bila Anda masih menggunakan windows 7 atau windows 8.1 dan hendak meng-upgrade ke Windows 10, akan ada beberapa fitur lama yang hilang. Ini mungkin tidak terlalu berpengaruh banyak bagi Anda. Tapi bila Anda tak terbiasa mungkin akan menyulitkan Anda kala mengoperasikan sistem baru ini.

Agar tak kebingungan, berikut fitur – fitur yang hilang saat Anda mengupdate windows 10 seperti yang ditulis idigitaltimes.com.

Baca jugaJangan Balas “Amin” Untuk SMS Doa Ini!

Windows Media Center

Update ke Windows 10 membuat Anda kehilangan fitur windows media center yang biasa hadir di sistem windows sebelumnya. Hal ini kabarnya hanya sedikit pengguna sistem Microsoft yang  memakai aplikasi Windows media center. Padahal aplikasi ini memiliki banyak fungsi entertainment yang dibutuhkan pengguna seperti live TV record, menampilkan foto secara slideshow hingga mengakses konten – kontern streaming.

Apabila Anda ingin mencari pengganti aplikasi Windows Media Center, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi alternative seperti Kodi, Plex, Mediaportal. Anda juga bisa menggunakan aplikasi streaming lain seperti Netflix.

Windows Game

Anda juga harus mengucapkan selamat tinggal pada game-game khas Windows seperti Solitaire, Minesweeper dan Hearts. Game-game yang biasa hadir dalam paket instalan Windows 7 atau 8 ini akan hilang pada sistem Windows 10. Namun, pengguna windows 10 bisa mengunduh game ini secara terpisah melalui Microsoft App Store.

Floppy Disk Drivers

Memang saat ini hampir kebanyakan pengguna komputer sudah tidak menggunakan floppy disk. Hal ini membuat fitur ini dihilangkan dalam windows 10. Bila Anda atau perusahaan Anda masih menggunakan floppy disk, Anda harus terlebih dahulu men-download driver di Google.

Baca jugaDaftar harga Clearance Sale Erafone di ICS (Indonesia Cellular Show)

DVD Software

Microsoft juga menghilangkan fitur DVD pada Windows 10. Alhasil bila Anda ingin memutar atau memainkan DVD, Anda membutuhkan software lain seperti VLC atau media player lainnya.

Pilihan Update

Jika pada sistem Windows sebelumnya, pengguna bisa memilih aplikasi atau software apa saja yang bisa diupdate kala terhubung ke internet. Dalam Windows 10 fitur itu dihilangkan. Alhasil, beberapa aplikasi akan update secara otomatis.

 

Baca juga artikel

5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Rumor: Asus Garap Zenfone 3 dengan Spesifikasi di Bawah Zenfone 2

Ukur Tingkat Ketergantungan Pada Handphone Lewat Tes Ini. Waspadai Sindrom Nomophobia!

Artikel Lainnya

Komentar