Cara Rawat Tablet Agar Selalu Terlihat Baru dan Tak Gampang Rusak

Oleh Alena Yulitta on Rabu, 10 Jun 2015 | 19:38

Tablet memang tidak setenar smartphone, namun  tablet memberikan pengalaman unik, yang berbeda dari saat menggunakan smartphone. Yang membuat tablet beda adalah layarnya yang lebih besar serta tentunya kapasitas baterai yang lebih kuat. Namun banyak orang yang salah merawat tabletnya sehingga sebentar saja tablet tersebut sudah mulai rusak, baik layar dan body yang tergores, layar yang sudah mulai kelihatan pixelnya (pixelate), sering crash.hang, baterai menggelembung dan banyak lagi.

Baca jugaPameran Indonesia Cellular Show (ICS) 2015 Dibuka Hari Ini

Jika tablet Anda rusak maka besar kemungkinan kinerja Anda juga akan terganggu karena saat ini banyak pekerjaan yang dilakukan di komputer bisa juga dilakukan dengan tablet. Oleh sebab itu sangat bijak jika perawatan tablet sungguh diperhatikan. Jika belum begitu yakin dengan cara merawat tablet, silahkan ikuti cara-cara dibawah ini.

Ketika sedang diisi ulang baterainya, usahakan jangan mempergunakan tablet tersebut secara terus menerus. Memang tablet atau smartphone jaman sekarang sudah dibekali fitur pengaman, namun mempergunakan tablet saat dicharge tak hanya akan membebani charger yang harus bekerja lebih lama namun juga baterai. Walaupun sedang dicolokan charger, daya yang dipergunakan tetap diambil dari baterai, hal ini menyebabkan baterai over heat,yaitu panas karena aktivitas charging dan juga panas karena aktivitas discharging (penggunaan). Akibatnya fatal, yaitu baterai menggelembung.

Baca jugaJangan Balas “Amin” Untuk SMS Doa Ini!

Bersihkan secara rutin layar tablet dengan kain halus dan lembut seperti kain pembersih kacamata. Jangan pergunakan pucukan baju Anda untuk membersihkanya, bisa-bisa layar tergores. Selain itu layar sebaiknya dilindungi dengan anti gores (bagi layar yang belum mendapat lapisan gorilla glass atau proteksi lain), jika memungkinan, beli leather case atau dompet khusus tablet, untuk melindungi tablet Anda dari debu, air, dsb. Usahakan jangan men-charge ditinggal tidur sampai pagi, akibatnya baterai menggelembung dan masa pakai berkurang.

Yang tak kalah penting, jangan letakan tablet Anda diatas TV, kulkas, speaker, atau lokasi lain yang mengandung medan elektromagnetik. Jika hal ini dilakukan terus-terusan, layar LCD tablet Anda akan rusak dan muncul warna-warna pelangi walaupun saat tablet tidak aktif. Selain itu medan magnet dari TV dan perangkat lain bisa merusak komponen sinyal pada tablet dan juga kinerja prosesornya.

 

 

Baca juga artikel

5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Rumor: Asus Garap Zenfone 3 dengan Spesifikasi di Bawah Zenfone 2

Ukur Tingkat Ketergantungan Pada Handphone Lewat Tes Ini. Waspadai Sindrom Nomophobia!

Artikel Lainnya

Komentar