Tips Mempercepat Kinerja Samsung Galaxy Note 4

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 10 Jun 2015 | 14:42

Samsung Galaxy Note 4 menjadi salah satu phablet layar lebar yang cukup populer digunakan. Desainnya yang tak terlalu besar, dilengkapi S Pen Stylus menjadikan ponsel layar lebar ini gadget yang cocok untuk bekerja ataupun harian. Apalagi Samsung sudah membenamkan prosesor Octa core sehingga menawarkan performa yang cepat cocok untuk multitasking. Namun, terkadang seiring pemakaian peforma dan kinerja Galaxy Note 4 menurun bahkan cenderung melambat. Hal ini tentu cukup menganggu bagi Anda yang mengandalkan phablet Samsung ini kala bekerja. Untuk itu, berikut beberapa tips mempercepat kinerja Samsung Galaxy Note 4 yang bisa Anda coba

Matikan S Voice

S Voice merupakan fitur bawaan Note Series sejak dulu. Fitur ini memang membantu namun juga bisa memperlambat kinerja ponsel Anda. Pasalnya, S Voice akan menyala saat Anda menekan dua kali tombol home. Kala fitur ini bekerja dibutuhkan beberapa detik untuk bekerja alhasil memperlambat ponsel Anda.  Anda bisa menonaktifkan atau menghapus shortcut S Voice sehingga kinerja ponsel lebih cepat. Seperti dilansir androitpit.com, Anda cukup menekan dua kali tombol home. Kemudian tekan menu untuk masuk ke pengaturan. Hapus tanda pada bagian “open via home key”. Langkah ini membuat S Voice nonaktif dan mempercepat kinerja homescreen Note 4.

Baca jugaAplikasi Password Manager Berbasis Sidik Jari Ada Di Peluncuran Preview Android M

Matikan Animasi

Animasi memang membuat tampilan ponsel Anda keren, namun ternyata memperlambat kinerja ponsel. Anda bisa mencoba mematikan animasi untuk perpindahan jendela, durasi animator dan transisi animasi. Mematikan animasi ini akan membuat efek kala perpindahan aplikasi atau layar akan hilang.

Untuk melakukannya, Anda harus beralih ke opsi pengembang yang berada di bagian pengaturan > about device. Setelah opsi pengembang aktif, anda bisa gulir ke bawah ke bagian animasi. Matikan semua animasi pada bagian tersebut

Gunakan Download Booster

Bagi beberapa pengguna, Samsung Galaxy Note 4 dijadikan perangkat pengganti komputer termasuk dalam men-download file. Namun, terkadang men-download pada phablet membutuhkan waktu yang lama. Bila Anda tak sabar, Anda bisa mengaktifkan download booster. Caranya masuk pengaturan > More Networks> pilih Download Booster. Fitur ini bisa digunakan pada wifi ataupun jaringan data seluler biasa.

Baca juga5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Bersihkan Memori Penyimpanan

Salah satu penyebab lambatnya ponsel Anda bisa disebabkan terlalu banyaknya sampah yang ada di memori internal. Terkadang kala memasang aplikasi atau menghapus aplikasi, Anda tak memperhitungkan memori internal. Untuk itu, cobalah menghapus beberapa aplikasi atau data yang tak terpakai.  Anda juga bisa menghapus cache yang masih tersimpan pada Galaxy Note 4.

Update Aplikasi

Hal ini mungkin tampak sepele, namun ternyata berpengaruh pada kinerja Galaxy Note 4 Anda. Setiap bulannya, para pengembang menghadirkan update aplikasi untuk menyesuaikan dengan update sistem operasi yang ada. Untuk itu, sebaiknya update aplikasi pada Note 4 Anda untuk meningkatkan performa perangkat.

Harga Smartphone Samsung Bulan Juni 2015

No Smartphone Samsung Harga Terendah
1 Samsung Galaxy S6 SM-G920F 32GB Rp   9.250.000
2 Samsung Galaxy S6 Edge SM-G925F 32GB Rp 11.200.000
3 Samsung Galaxy Note 3 16GB LTE N9005 Rp   5.696.000
4 Samsung Galaxy Note 3 32GB 3G Dual N9002 Rp   7.606.000
5 Samsung Galaxy Note 4 N910C Rp   7.314.100

 

Baca juga artikel

5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Rumor: Asus Garap Zenfone 3 dengan Spesifikasi di Bawah Zenfone 2

Ukur Tingkat Ketergantungan Pada Handphone Lewat Tes Ini. Waspadai Sindrom Nomophobia!

Artikel Lainnya

Komentar