Mencari Tempat dan Lokasi di Google Maps Bisa Secara Offline

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Kamis, 04 Jun 2015 | 17:06

Setelah Google merilis fitur menonton YouTube secara offline Google kembali menghadirkan layanan offline lainnya. Layanan offline tersebut adalah fitur pencarian tempat. Ini berarti, Anda yang ingin mencari suatu tempat, tidak perlu terhubung dengan internet.

Fitur yang berhubungan dengan pencarian tempat ini tentu saja berhubungan dengan layanan yang dinamakan dengan Google Maps. Layanan ini memang dikenal sebagai layanan untuk mencari tempat atau lokasi tertentu. Hanya saja, untuk melakukannya Anda perlu terhubung dengan internet. Nah, dalam waktu dekat, Google akan menyediakan opsi agar Anda bisa menggunakan layanan Google Maps secara offline.

Baca jugaAplikasi Password Manager Berbasis Sidik Jari Ada di Peluncuran Preview Android M

Pengumuman kehadiran layanan ini diumumkan Google pada ajang Google I/O 28-29 Mei 2015 seperti yang dikutip dari The Verge (1/6/2015). Pada ajang tersebut, Google memperkenalkan fitur yang memungkinkan Anda mendapatkan informasi seperti kontak, jam buka sebuah tempat, saran lokasi, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan Google Offline secara offline.

Bagaimana Google Maps melakukan hal tersebut? Belum dijelaskan secara rinci oleh Google. Yang pasti, dengan adanya layanan fitur offline ini, Google berharap banyak orang menggunakan Google Maps. Untuk diketahui, penggunaan Google Maps memang masih kurang, terutama di negara berkembang.

Sebenarnya hal ini cukup masuk akal mengingat negara berkembang masih belum merata perihal jaringan internet atau masih kurang stabil. Karena itulah, Google menghadirkan layanan ini sebagai solusi untuk orang-orang di negara berkembang yang ingin mencari lokasi.

Baca jugaFitur Terbaru pada Android M yang Baru Saja Dirilis

Kehadiran Google Offline juga bukan hanya ditujukan untuk pengguna di negara berkembang saja. Fitur offline ini juga akan membantu Anda untuk lebih menghemat baterai. Anda tentunya tahu, jika layanan yang menggunakan jaringan internet sering membuat baterai lebih boros. Nah, jika nanti Anda mengakses Google Maps tanpa menyalakan jaringan data, maka Anda bisa lebh menghemat baterai perangkat pintar Anda.

Belum jelas, kapan Google Maps Offline ini akan hadir. Tapi, Google mengumumkan bahwa layanan offline ini bisa dinikmati pada perangkat iOS dan tentunya perangkat Android. Dukungan terhadap platform IOS sendiri sudah dimulai pada ajang Google I/O 2015. Saat itu, Google mengumumkan update terbaru yang membuat Google Maps di IOS memiliki kemampuan yang sama seperti di Android.

Harga 5 Smartphone Terbaik di Pricebook Juni 2015

No Smartphone Harga Terendah
1 Asus Zenfone 5 A500CG RAM 2GB ROM 16GB Rp. 1.800.000
2 Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB ROM 32GB Rp. 3.933.000
3 Apple iPhone 5 16GB Rp. 3.430.000
4 Asus Zenfone 2 Mini ZE500CL RAM 2GB ROM 16GB Rp. 2.300.000
5 Samsung Galaxy J1 Rp. 1.400.000

Baca juga artikel

5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Rumor: Asus Garap Zenfone 3 dengan Spesifikasi di Bawah Zenfone 2

Ukur Tingkat Ketergantungan Pada Handphone Lewat Tes Ini. Waspadai Sindrom Nomophobia!

Artikel Lainnya

Komentar