Ini yang Terjadi Jika Sehari Tanpa Adanya Internet

Oleh Tedi Yuni A on Senin, 25 Mei 2015 | 13:52

Ketergantungan pada handphone tidak mungkin terjadi jika tidak adanya koneksi internet. Pasalnya, komunikasi hanya hanya bisa dilakukan dengan telepon dan SMS. Media sosial akan terhenti total. Bagaimana jika benar-benar terjadi “kiamat” internet, tentunya akan berdampak buruk diberbagai sektor, bukan hanya pengguna smartphone yang akan “ngomel” akan lebih banyak lagi kerugian ditimbulkan pada sektor-sektor penting dalam kehidupan masyarakat dan industri.

Berikut terlampir infographic dari NetApp yang menggambarkan dampak yang disebabkan dalam satu hari kehidupan kita tanpa ada koneksi internet.

Komunikasi

Tanpa koneksi internet, 1,75 Miliar pengguna smartphone di dunia tidak dapat menggunakan telepon genggam mereka. Penggunaan ponsel lebih dari sekedar telpon dan berkirim pesan singkat. Untuk ratusan juta orang di India, smartphone sering kali menjadi satu-satunya perangkat teknologi di rumah mereka. Lebih dari 1,5 juta petani menggunakan ponsel untuk mengakses koneksi internet untuk harga pasar, volume panen, dan ramalan cuaca.

Baca jugaMuncul Di GFXBench, Samsung Galaxy A8 Berlayar 5,5 Inci Dipastikan Meluncur

Pengguna email di dunia tidak akan dapat mengirim dan menerima 182 miliar pesan elektronik ini. 4,9 juta pengguna Skype tidak dapat menghabiskan 2 miliar menit untuk menggunakan aplikasi IM dan panggilan video ini.

Perkiraan Cuaca dan keuangan

Hubungan antara pola cuaca historis, koneksi  internet pantauan cuaca saat ini, dan kejadian-kejadian temperatur extrim jarak jauh tidaklah memungkinkan. Untuk menyediakan perkiraan cuaca yang akurat setiap harinya, Milliaran kalkulasi dari pola perubahan cuaca dikompilasi lebih dari 10,000 hari observasi.

Bagaimana kita dapat menerima uang di mana pun atau kapan pun dari seluruh dunia mungkin tidak akan dapat terjadi tanpa koneksi internet. Biaya rata-rata untuk transaksi online atau melalui telpon genggam sebesar 56 sen dan 59 sen melalui ATM, bila dibandingkan dengan USD 3,97 melalui teller bank.

e-Commerce, energi dan kesehatan

Peritel e-commerce dapat kehilangan sampai dengan $2 miliar dalam penjualan. Ini dapat berdampak pada 244 juta anggota Amazon dan lebih dari 149 juta pembeli eBay diseluruh dunia.

Jumlah perangkat dengan konektifitas selular atau satelit yang digunakan untuk industri migas di dunia diperkirakan mencapai 1,12 juta di tahun 2018. Tanpa koneksi internet, perangkat-perangkat ini tidak akan dapat membantu pencarian hidrokarbon di lingkungan terpencil dan ekstrim.

Baca juga5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Tanpa koneksi  internet, 78% dari para dokter berbasis kantor dan 59% dokter rumah sakit di Amerika Serikat tidak dapat mengakses catatan kesehatan elektronik (EHR) para pasien. Sebagian besar tenaga medis memberikan pengakuan terhadap peran HER dalam mencegah kesalahan medis yang dapat menyebabkan kematian.

Social Media dan hiburan

Tanpa koneksi  internet, para pengguna jaringan online tidak akan dapat berbagi lebih dari 500 juta tweet, 70 juta instagram foto. 864 juta  pengguna Facebook tidak akan dapat menghabiskan rata-rata 39 menit untuk Facebook dalam sehari, berbagi lebih dari 4,75 miliar post (termasuk status update, foto, dan lain-lain) dan mengirimkaan lebih dari 10 miliar pesan. Pengguna YouTube tidak akan dapat menikmati lebih dari 4 miliar video view.

Tanpa koneksi internet , 903,3 juta pelanggan layanan TV berbayar di seluruh dunia akan kehilangan akses. Para pendengar Pandora tidak akan dapat mendengar 55,8 juta jam dalam streaming musik.

Setiap Industri memiliki koneksi internet pabrik

Tanpa koneksi internet , 16.320,000 mobil di seluruh dunia tidak dapat menggunakan perangkat navigasi mereka. Mobil self-driving dari Google tidak akan dapat mengintegrasi semua koneksi internet dari sistem sensornya (1GB/Detik) untuk membangun peta posisi mobil. Tanpa adanya kontrol lalu lintas udara, 87.000 penerbangan tidak akan bisa lepas landas.

Tanpa adanya paket, orang-orang yang menunggu kiriman paket tidak akan dapat mengirimkan 58,3 juta permohonan informasi pelacakan untuk paket UPS dan 50 juta untuk paket FedEx. Lokasi dari 4 juta telepon, dari jumlah catatan Apple atas hari pertama pre-order iPhone 6 dan iPhone 6 Plus tidak akan dapat diketahui, dan membuat antusiasme orang-orang menjadi frustasi.

Baca juga artikel

Harga Asus ZenFone 2 di Indonesia: Ada 4 Varian, Spesifikasi Beda di RAM, Storage dan Jenis Prosesor

7 Langkah Sederhana ini Buat Hasil Foto Kamera Smartphone Lebih Menarik

Tips Aman Membeli Zenfone 2: Berikut Daftar Onlineshop yang Menjual Zenfone 2

Artikel Lainnya

Komentar