Project Spartan Browser itu Kini Bernama Microsoft Edge

Oleh Tedi Yuni A on Kamis, 30 Apr 2015 | 14:54

Masih ingat dengan nama Project Spartan Browser? Nama tersebut merupakan nama projek peramban terbaru dari Microsoft untuk sistem operasi terbaru besutan mereka, Windows 10. Proyek ini sudah berbulan-bulan lalu diperkenalkan dan dipasang sebagai proyek besar karena akan menggantikan browser Internet Explorer yang sudah lama hadir di banyak versi Windows. 


Nah, nama Porject Spartan Browser ini ternyata hanyalah nama sandi saja. Pada awalnya, banyak yang menganggap nama ini merupakan nama baru untuk browser di OS Windows. Tetapi ternyata, nama tersebut hanya kode untuk sebuah nama peramban yang bernama Microsoft Edge.

Dikutip dari Engadget (30/04/2015), Microsoft akhirnya secara resmi mengumumkan bahwa Project Spartan kini bernama Microsoft Edge. Dan tentu sudah jelas bahwa nama ini akan digunakan untuk default browser dari Windows 10.  Hal ini berarti tidak ada nama Internet Explorer lagi di Windows 10.

Apa yang menarik dari Microsoft Edge?Microsoft  Edge dibuat dengan teknologi yang membangun Internet Explorer dengan beberapa tambahan sistem yang akan membuat browser ini lebih sempurna dibandingkan Internet Explorer. Tampilan browser ini lebih minimalis dan tampilan antarmukanya lebih bersih dibandingkan Internet Explorer.

Microsoft Edge juga hadir dengan fitur perintah suara Cortana yang akan membantu penggunanya mencari hal yang diinginkan dengan lebih mudah. Browser yang sudah terintegrasi dengan mesin pencari Bing ini juga dilengkapi dengan fitur informasi cuaca yang tentunya akan sangat berguna untuk pengguna yang sering berpergian. Hal yang menarik lainnya adalah bahwa browser ini memungkinkan untuk lebih berinteraksi dan dekat. Contohnya adalah penggunaan fitur menandai dengan tool tertentu layaknya aplikasi Paint.

Selain itu, layaknya Google Chrome dan Firefox, Microsoft juga menyematkan semacam extension pada browser ini. Microsoft tampak ingin merangkul pengembang pihak ketiga  untuk mencitapkan aplikasi extension yang bisa membantu pengguna menjelajahi browser lebih baik.  Untuk melihat lebih dekat dengan fitur Micrososft Edge, bisa disimak videonya berikut ini.

Dari video tersebut, sangat jelas bahwa Microsoft Edge membawa banyak hal baru yang memungkinkan pengguna untuk beralih menggunakan browser bawaan Microsoft ini. bukan tidak mungkin malah, kepopuleran Google Chrome dan Firefox akan semakin menurun jika melihat potensi yang ada di browser ini.  Penasaran dengan browser Microsoft Edge ini? Mari tunggu saja kehadiran browser ini bersama Windows 10 yang kabarnya akan hadir pada pertengahan musim 2015 ini.

Harga Smartphone Microsoft April 2015

No Smartphone Harga Terendah
1 Microsoft Lumia 535 Dual SIM Rp.    859.000
2 Microsoft Lumia 532 Dual SIM Rp. 1.399.000
3 Microsoft Lumia 435 Dual SIM Rp.    799.000 
4 Microsoft Lumia 435 Rp.    749.000
5 Rp. 1.499.000 
6 Rp.    880.000 
7 Rp.    859.000 
8 Rp. 1.599.000 
9 Nokia X2 Dual RM-1013 Rp. 1.375.000 

Baca juga artikel

Ini Biaya Pergantian Baterai dan Layar Samsung Galaxy S6 & S6 Edge

Huawei P8 dan P8max, Duo Smartphone Pamungkas di Kelas Premium

Lenovo P90: Menggunakan Chipset Prosesor Intel, Koneksi LTE dan Baterai 4000mAh

Artikel Lainnya

Komentar