Xiaomi Siapkan Smartphone dengan Teknologi Pemindai Jari

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Selasa, 28 Apr 2015 | 19:45

Teknologi pemindai sidik jari banyak ditemukan pada produk smartphone premium. Contohnya adalah iPhone dan Samsung Galaxy S generasi terbaru. Adanya teknologi ini tentu membuat smartphone tersebut memiliki nilai jual yang lebih.

Adanya teknologi pemindai sidik jari juga tentu membuat vendor lain ingin melakukan hal serupa. Contohnya vendor Xiaomi. Produsen smartphone asal Tiongkok ini dikabarkan sedang menyiapkan smartphone dengan teknologi pemindai sidik jari. Dikutip dari PhoneArena (27/04/2015), Xiaomi dikabarkan sedang mengajutkan paten teknologi pemindai sidik jari di Intelektual Properti Negara Tiongkok

Paten teknologi pemindai sidik jari tersebut diyakini hadir pada tombol home smartphone Xiaomi berikutnya. Terungkap juga bahwa di atas tombol Home tersebut, akan muncul lapisan tambahan kaca yang memiliki fungsi untuk melindungi pemindai fingerprint. Teknologi ini hampir mirip dengan yang digunakan oleh Apple. Hanya saja untuk produk Apple yang memakai teknologi sidik jari, tombol Home-nya memakai lapisan kaca safir di TouchID

Karena kabar ini, muncul spekulasi terkait smartphone apa dari Xiaomi yang akan memakai teknologi pemindai jari. Dugaan kuat bahwa Xiaomi akan menghadirkan teknologi ini pada produk Xiaomi generasi selanjutnya, yakni Xiaomi Mi 5. Jika hal ini benar, tentu hal ini akan membuat Xiaomi Mi 5 bersaing dengan iPhone dan Samsung Galaxy S seri baru.

Kemungkinan besar memang teknologi pemindai jari ini akan tersemat pada Xiaomi Mi 5. Pasalnya, rumor mengenai Xiaomi Mi 5 semakin kuat saja. Sebelumnya terungkap bahwa, Xiaomi Mi 5 akan hadir dengan prosesor empat inti 2,7GHz yang tersemat pada chipset Snapdragon 805. Prosesor ini akan ditandemkan dengan pengolah grafis GPU Adreno 420 dan RAM 3GB yang tampaknya akan memberikan kemampuan yang cukup menjanjikan.

Xiaomi Mi 5 juga dikabarkan akan menggunakan memori penyimpanan 16GB atau 64GB. Smartphone ini juga akan hadir dengan layar yang cukup lebar, 5,2 inci dengan resolusi 1440 x 2560 piksel (kerapatan layar 565ppi). Sementara untuk kamera, Mi 5 akan menggunakan kamera 16 MP dan kamera depan 8 MP. Untuk baterai, smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3600 mAh.

Dengan spesifikasi tersebut, Xiaomi Mi 5 diharapkan akan memiliki kemampuan yang cukup baik dan sebanding dengan produk Samsung dan Apple yang memakai pemindai jari. Belum jelas, kapan smartpone ini akan hadir di pasaran.

Harga Smartphone Xiaomi Lainnya

No Smartphone Harga Terendah
1 Xiaomi Redmi Note RAM 2GB Rp 2.200.000
2 Xiaomi Redmi 2 Rp 1.599.000
3 Xiaomi Mi Pad 7.9 Rp 3.900.000
4 Xiaomi Mi3 16GB Rp 2.950.000
5 Xiaomi MI4 16GB Rp 4.599.000

Baca juga artikel

Harga Asus ZenFone 2 di Indonesia: Ada 4 Varian, Spesifikasi Beda di RAM, Storage dan Jenis Prosesor

7 Langkah Sederhana ini Buat Hasil Foto Kamera Smartphone Lebih Menari

Tips Aman Membeli Zenfone 2: Berikut Daftar Onlineshop yang Menjual Zenfone 2

Artikel Lainnya

Komentar