Intel Tawarkan Kamera Smartphone 3D lewat Teknologi RealSense

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Selasa, 21 Apr 2015 | 16:49

Pernah dengar teknologi RealSense? Jika belum, coba telisik perangkat Dell Venue 8 7000 . Perangkat itu adalah tablet yang diluncurkan Intel beberapa bulan yang lalu. Tablet ini didukung teknologi yang bernama RealSense. Teknologi ini dikembangkan oleh Intel agar sebuah perangkat dapat menghadirkan kemampuan 3D.

Nah, Teknologi RealSense yang hadir di Dell Venue 8 7000 ini rencannya akan Intel hadirkan di perangkat smartphone. Kabar ini mencuat setelah Brian Krzanich, CEO dari Intel memamerkan sebuah purwarupa dari ponsel cerdas berukuran 5 inci dengan teknologi RealSense 3D. Perkenalan teknologi ini dilakukan Brian saat ajang Intel Developer Forum (IDF) yang digelar di China beberapa waktu lalu seperti yang dikutip Pricebook dari laman Techel (13/04/2015).

Brian kemudian menyatakan bahwa teknologi RealSense pada smartphone akan memiliki kemampuan yang sama dengan teknologi RealSense pada perangkat lainnya.  Hal ini berarti bahwa nantinya, kamera smartphone akan dapat menghadirkan kemampuan tampilan 3D.

Selain itu, teknologi RealSense juga mendukung kontrol gerakan tangan dan juga menghadirkan kemampuan yang disebut depth of field. Kemampuan ini adalah semacam efek yang membuat pengguna mengatur kedalaman ketika selesai mengambil gambar. Tentu hal ini membuat teknologi kamera pada smartphone lebih maju dibandingkan sebelumnya.

CEO dari Intel sendiri menegaskan bahwa teknologi RealSense akan hadir pada semua tipikal kamera smartphone, baik yang beukuran besar maupun berukuran kecil. Untuk diketahui,  pada ajang tersebut, Brian memamerkan teknologi RealSense menggunakan smartphone dengan kamera yang memiliki ukuran kecil.  

Sampai tulisan ini dibuat, belum dipastikan kapan Intel akan menghadirkan kamera smartphone dengan teknologi RealSense. Tidak disebutkan juga produsen mana yang akan menggunakan teknologi ini. Tapi peluang besar penggunaan teknologi ini adalah para produsen yang menggunakan dapur pacu Intel, seperti halnya Asus  Zenfone.

Bukan tidak mungkin, Asus Zenfone generasi mendatang akan menghadirkan kamera dengan teknologi ini. Jika nanti sudah hadir, teknologi 3D gesture kontrol  ini kemungkinan akan sangat disukai. Terlebih teknologi sukses diterapkan pada perangkat Kinect untuk konsol  X-box.

Baca juga artikel

Ini Biaya Pergantian Baterai dan Layar Samsung Galaxy S6 & S6 Edge

Huawei P8 dan P8max, Duo Smartphone Pamungkas di Kelas Premium

Lenovo P90: Menggunakan Chipset Prosesor Intel, Koneksi LTE dan Baterai 4000mAh

Artikel Lainnya

Komentar