Huawei P8 dan P8max, Duo Smartphone Pamungkas di Kelas Premium

Oleh Tedi Yuni A on Jumat, 17 Apr 2015 | 06:55

Lama tak terdengar, Huawei langsung unjuk gigi di London, Inggris, dengan menghadirkan perangkat teranyar mereka, Huawei P8 dan sebuah phablet P8max. Sebuah langkah yang akan menjegal berbagai ponsel flagship yang telah lebih dulu muncul.

 

Huawei P8

Huawei P8

Smartphone pertama ialah P8, mengusung layar 5,0 inci dibalut bingkai premium yang dibuat dari unibody logam dengan ketebalan hanya 6,4mm. Tanpilan cantik ini juga terlihat pada produksi warna yang dihasilkan oleh layar beresolusi 1920 x 1080 pixels dengan kerapatan 424ppi.

Huawei pun begitu optimis dan yakin dengan kinerja chipset buatannya yang ditancapkan langsung ke “jantung” P8. Pasalnya Huawei tidak meggunakan chipset besutan Qualcomm maupun MediaTek melainkan Hisilicon Kirin 930 yang merupakan chipset besutannnya sendiri. Memiliki delapan inti prosesor yang mendukung komputasi 64 bit dengan kecepatan 2.0GHz. Huawei mengklaim kemampuannya dua kali lebih baik dari Ascend P7.

Huawei makin memperketat persaingan dengan menghadirkan kapasitas RAM 3GB yang kini sedang marak digunakan diberbagai perangkat premium. Sedangkan untuk kapasitas internal, Huawei memberikan pilihan kapasitas 16GB dan 64GB kepada konsumen yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Di sisi kamera, Huawei P8 pun tampak anggun dan perkasa, resolusi 13MP menjadi andalan sebagai kamera utama dan resolusi 5MP menghiasi sisi depan handset. Huawei mengatakan  kameranya ini yang pertama di dunia yang mempunyai 4 warna dalam format RGBW dan juga telah dilengkapi dengan Optical Image Stabilization yang diklaim 1,2 derajat lebih baik dari dibandingkan iPhone 6 Plus.

Sayangnya meski sudah terhubung dengan koneksi 4G, Huawei hanya menanamkan baterai berkapasitas 2.600 mAh dan dikatakan mampu bertahan selama 1,5 hari dalam pemakaian normal.

Huawei P8max

Huawei P8max

Sementara itu, varian P8max tampak hanya melebar saja pada tubuhnya karena tampilannya persis P8. Ukuran layarnya 6,8 inci dan memiliki resolusi 1080p yang dibalut bahan DX19 yang memiliki tujuh lapisan penghantar panas, sembilan kali lebih efektif dibandingkan baja, dan tiga kali lebih ampuh dari magnesium standar.

Dengan bahan yang begitu spesial, P8max diklaim Huawei memiliki tubuh yang kokoh, tahan terhadap panas yang bisa meningkatkan kenyamanan pengguna dan peningkatan sinyal yang lebih kuat. Untuk multimedia, keluaran suara makin dibuat ciamik dengan hadirnya sound chamber 0,91 CC, loudspeaker 1 Watt, dan amplifier Smart PA. Semua perpaduan ini makin membuat P8max berkelas dan memiliki nilai jual. 

Penyokong daya kerja seperti P8 yang menggunakan chipset besutan sendiri yakni Hisilicon Kirin 935, berprosesor 64 bit dengan delapan inti prosesor yang berlari dikecepatan 2,2 GHz dan memiliki RAM 3GB. Baterai yang digunakan berkapasits 4360 mAh yang diklaim mampu bertahan selama dua hari dalam pemakaian normal. Phablet ini juga mengusung varian 16GB dan 64GB. Untuk kameranya menggunakan resolusi 13 MP dan 5 MP dengan Optical Image Stabilization.

Kedua perangkat akan diluncurkan di 30 negara bulan depan, dan untuk Indonesia akan masuk pada awal Juni mendatang. Untuk harga diperkirakan akan berbanderol Rp 7,5 juta untuk varian 16GB dan Rp9 juta-an untuk varian 64 GB. Sedangkan P8 akan dihargai sekitar Rp6 jutaan.

Baca juga artikel 

Wow, Kaca Safir Apple Watch Dibor Tetap Perkasa

Empat Game untuk Apple Smartwatch Siap Meluncur di Pertengahan 2015

Ini Anjuran Apple Agar Baterai Apple Watch Bisa Tahan Lama!

Artikel Lainnya

Komentar