Bosan dengan Camera 360? Cobalah Aplikasi Kamera Alternatif dari Google Ini

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Selasa, 14 Apr 2015 | 15:12

Tidak banyak yang tahu bahwa Google memiliki aplikasi khusus untuk kamera. Aplikasi tersebut diberi nama Google Camera. Aplikasi ini merupakan aplikasi alternatif yang ditawarkan Google sebagai pengganti aplikasi kamera bawaan.  Seperti yang diketahui, banyak pengguna yang kadang tidak puas dengan aplikasi kamera bawaan sehingga mereka biasanya menginstal aplikasi pihak ketiga. Contohnya, Camera360. Nah, aplikasi Google Camera ini bisa jadi aplikasi alternatif selain Camera360

Lalu, apa yang ditawarkan dari Google Camera ini? Google Camera membawa fitur modus Panorama. Melalui modus ini, pengguna bisa menangkap gambar 360 derajat gambar objek.  Google Camera juga dihadirkan untuk memudahkan pengguna menangkap foto dan video lebih mudah dan cepat. Tetapi yang paling pokok dari Google Camera adalah fiturnya seperti HDR+, Lens Blur,  wide angle, dan Foto 360°.

Fitur HDR+ High Dynamic Range) atau  dihadirkan untuk membuat gambar lebih sempurna ketika pengguna memotret objek  saat intensitas cahaya rendah. Namun, fitur ini hanya hadir di perangkat Google Nexus 5 dan Nexus 6. Sementara, fitur Lens Blur  memungkinkan pengguna menentukan fokus pada bagian tertentu ketika memotret gambar. Misalnya, pengguna akan fokus bagian depan dan mengaburkan bagian latar.

Bagaimana dengan fitur Foto 360°? fitur Foto 360°,  ternyata bersinergi dengan fitur panorama dan fitur wide angle. ketiga fitur ini memungkinkan pengguna menghasilkan hasil foto yang sangat bagus dengan teknologi Google yang canggih, yakni teknologi yang digunakan dalam pengembangan Google Maps.

Google Camera juga membawa dukungan rekaman video dengan cara yang simpel. Untuk merekam video, pengguna hanya cukup mengetuk layarnya saja. Khusus pengguna Android Wear, Google menyediakan pengontrolan kamera dari jarak tertentu. Satu hal lagi, tampilan aplikasi Google Camera ini hadir dengan tampilan antarmuka yang sederhana dan sangat intuitif sehinga memudahkan dalam penggunaaanya.

Secara keseluruhan, Google Camera merupakan aplikasi yang bisa diandalkan. Apalagi fitur yang dihadirkannya berbeda dengan fitur aplikasi kamera lainnya. Namun, untuk menjalankan aplikasi ini, diperlukan perangkat Android dengan minimal sistem operasi Android 4.4 KitKat.

Aplikasi ini juga membutuhkan  sensor giroskop untuk fitur Foto 360° dan Panorama. Fitur Foto 360°,  Lens Blur,  dan Panorama juga membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar, yakni 1GB.  Jika spesifikasi perangkat Android sudah mendukung kebutuhan tersebut, maka ANda dapat mengunduh aplikasi Google Camera dan menjalankannya dengan mudah.

Baca juga artikel

Elephone P7000 Pioneer, Smartphone Octa Core dengan Press Touch ID Cuma Rp2,5 Juta

Banyak Smartphone Turun Harga Minggu Ini, iPhone 5S Turun Hampir 400 Ribu

Wow, Kaca Safir Apple Watch Dibor Tapi Tetap Perkasa

Artikel Lainnya

Komentar