Samsung dan LG Bersaing Ciptakan Layar Fleksibel di 2015

Oleh Alena Yulitta on Rabu, 01 Apr 2015 | 16:39

LG dan Samsung adalah penguasa industri panel display dunia dengan pangsa pasar mencapai 50%. Kedua perusahaan yang sama-sama berasal dari Korea Selatan tersebut saat ini sedang fokus memproduksi panel layar jenis baru yaitu panel Fleksibel dan panel transparan. Berikut detail beritanya yang dirangkum dari Zdnet.

Samsung sendiri telah membuktikan mampu membuat layar display dengan bentuk lengkung, yaitu pada Galaxy Note Edge dan Galaxy S6 Edge. Proyeksi kedepannya, Samsung memfokuskan diri membuat layar fleksibel dengan kualitas dan teknologi yang lebih baik. Sementara itu LG akan memfokuskan diri untuk memproduksi panel display transparan. Display transparan saat ini baru dipergunakan pada industri pesawat terbang, pesawat tempur, papan iklan digital raksasa, serta pada beberapa mobil kelas super mewah buatan Mercy, BMW, dan Hyundai.

Sebenarnya LG dan Samsung sama-sama pernah memaparkan rencana memproduksi layar fleksibel pada tahun 2015 ini dan layar yang bisa digulung pada tahun 2017, namun nampaknya Samsung akan lebih dahulu memproduksi panel layar yang benar-benar bisa dilipat dalam waktu dekat ini. Hal tersebut berarti Samsung 2 tahun lebih maju daripada LG, hal tersebut tak mengherankan karena Samsung menghabiskan uang 12 trilyun setiap bulan untuk divisi pengembangan dan produksi mereka.

Layar lipat buatan Samsung tersebut nantinya akan dipergunakan pada smartphone, namun tidak ada info lebih lanjut kapan smartphone tersebut akan hadir di pasaran. Samsung hanya mengatakan bahwa mereka telah bisa memproduksi sekitar 40 ribu panel display flexible per bulan mulai akhir tahun ini.

Hal lain yang diungkapkan Samsung berkenaan dengan produksi panel display mereka adalah rencana untuk memotong biaya produksi panel display jenis Super AMOLED yang harganya saat ini masih sangat mahal. Super AMOLED memang sangat lebih unggul dari layar tipe LCD dan jika nanti biaya produksi dipotong dan harga Super AMOLED sama dengan LCD, maka kualitas layar Super AMOLED akan tetap jauh lebih unggul. (Tedi)

Baca juga artikel

5 Ponsel Asus Terbaik Harga di Bawah Rp 2,5 juta dan Pesaingnya

BLAUPUNKT Sonido X1+, SoundPhone dengan Prosesor Octa Core

Bagaimana Nasib Samsung Galaxy S6 Usai Direndam Air, Digoreskan Kunci dan Dipukul

Artikel Lainnya

Komentar

evanyzd 02 April 2015 - 14:57
Gila.. makin canggih..Sebuah layar yang fleksibel? Berapa harganya nanti -_- kalo mau nunggu murah yaa tunggu standarisasi smartphone berlayar fleksibel aja T_T