Mengenal Teknologi Force Touch di Apple Watch dan MacBook Pro

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Jumat, 27 Mar 2015 | 15:22

Apple mengenalkan teknologi sentuh yang mereka sebut sebagai teknologi Force Touch pada Apple Watch, MacBook Pro dan MacBook Trackpads. Bahkan, perusahaan yang didirkan oleh Steve Jobs ini pun akan menyematkan teknologi sentuh ini pada seri iPhone  berikutnya.

Apa sebenarnya teknologi Force Tourch ini?

Dikutip dari situs Pocket lint, teknologi Force Touch pada dasarnya adalah teknologi navigasi layar sentuh seperti biasanya. Hanya saja yang membedakan adalah metode input teknologi ini dan cara kerjanya. Dengan menggunakan teknologi Force Tourch, sebuah perangkat bisa membedakan mana sebuah ketukan dan mana sebuah tekanan pada layar.

Gambaran mudahnya teknologi ini adalah penekanan kuat pada layar. Misalnya, pengguna menekan layar Apple Watch dengan kuat, maka layar akan menampilkan kendali lain yang bisa dilakukan.  Pengguna bisa memilih pesan, musik, ataupun kalender. Dengan teknologi ini, pengguna bisa melakukan tugas secara multitasking dengan lebih baik.

Untuk perangkat MacBook, Force Touch  disematkan pada touchpad dan bukan pada layar. Dengan begitu, fungsi Force Tourch ini bisa menggantikan fungsi klik kanan dan klik kiri menjadi berbeda. Jika melakukan tekanan pada touchvdengan kuat, hal ini berarti klik kanan. Sementara pengganti klik kiri adalah dengan mengetuk touchpad tersebut.

Teknologi Force Tourch ini disebut Apple sebagai teknologi penginderaan yang lebih baru sesudah teknologi multisentuh. Disebut teknologi baru karena layar yang menggunakan  teknologi Force Touch telah tersemat elektroda-elektroda kecil yang memungkinkan akses layar sentuhnya menjadi lebih cepat.

Teknologi Force Tourch sendiri  sebenarnya sudah dikenalkan Apple  pertamakali pada September 2014.  Saat itu, Apple berencana menghadirkan teknologinya ini pada jam tangan pintar besutan mereka. Tahun 2015 ini, teknologi Force Tourch kemudian dihadirkan pada seri MacBook. Tentu saja ini membuat teknologi Force Touch sebagai salah satu teknologi sentuh yang jadi nilai jual dari produk Apple

Begitulah gambaran singkat teknologi Force Tourch pada Apple Watch dan MacBook.  Lalu bagaimana cara kerja teknologi Force Tourch pada iPhone terbaru? Belum ada informasi tentang hal ini mengingat iPhone seri terbaru pun belum meluncur ke pasaran.

Baca juga artikel

Begini Cara Buat Foto ala #InstagramInHand

Ini Rahasia Pembuatan Casing Logam dan Kaca Lengkung Galaxy S6 Series

Selain Hardware, Hal Ini Perlu Diperhatikan Jika Ingin Membeli Ponsel

Artikel Lainnya

Komentar