Microsoft Gratiskan Windows 10 dan Aplikasi Office

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Jumat, 27 Mar 2015 | 13:31

Perusahaan sistem operasi terbesar, Microsoft, melakukan gebrakan luar biasa. Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini mengumumkan rencana mereka untuk menggratiskan dua layanan utama, Windows dan Office. Langkah yang cukup mengejutkan mengingat Microsoft dikenal sebagai perusahaan yang sering mengomersialisasikan produknya.

Yang lebih menarik seperti dikutip dari Pcworld, layanan yang digratiskan oleh Microsot adalah versi terbaru. Ini berarti Windows 10 dan Office terbaru akan hadir secara cuma-cuma. Namun, jangan senang dulu. Layanan gratis Windows 10 ini hanya untuk pengguna sistem operasi Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1. Para pengguna Windows versi bajakan pun akan mendapatkan layanan Windows 10 original secara cuma-cuma. Sayangnya, kebijakan ini hanya berlaku di Tiongkok saja.

Nantinya, pengguna Windows original maupun bajakan di Tiongkok bisa mendapatkan upgrade Windows 10 dengan lebih mudah dan gratis. Langkah yang dilakukan oleh Microsoft ini bertujuan untuk mengedukasi pengguna di Tiongkok agar tidak menggunakan Windows bajakan.

Perlu diketahui, bahwa pengguna Windows bajakan di Tiongkok  sangat banyak. Menilik kenyataan ini, Microsoft melakuka pendekatan dengan menggratiskan Windows 10. Langkah ini juga dilakukan agar pengguna Windows 10 nantinya bertambah dan membuat ekosistem Windows 10 di Tiongkok lebih menggeliat.

Untuk merealisasikan ini, Microsoft bekerjasama dengan produsen komputer setempat. Mereka bermitra dengan perusahaan seperti Lenovo, Qihoo 360 Technology, serta Tencent untuk menghadirkan perangkat Windows 10 gratis nantinya.

Micrsoft juga bekerjasama dengan Xiaomi untuk menghadirkan produk perangkat mobile dengan sistem operasi Windows 10. Lalu, bagaimana Microsoft mendapatkan pendapatan? Untuk hal ini, Microsoft akan melakukan penjualan aplikasi nantinya kepada pengguna Windows 10.

Kejutan gratis juga dilakukan Microsoft terhadap produk andalannya, Office. Menariknya, aplikasi Office yang gratis ini hadir untuk semua region atau negara. Hanya saja, aplikasi Office gratis ini hadir untuk perangkat ponsel pintar dan tablet dengan layar yang tidak terlalu besar. Microsoft menyebutkan bahwa perangkat semacam itu merupakan perangkat  “true mobile device” yang layak mendapatkan aplikasi Office gratis, seperti dikutip dari Liliputing.com

Aplikasi Office gratis ini tidak hanya hadir di perangkat Windows saja. Rencannya, Microsoft juga akan menghadirkan aplikasi gratis ini untuk perangkat iOS dan Android. Cukup menarik bukan? Mungkinkah nantinya, ada layanan gratis lain dari Microsoft? Tampaknya hal itu sangat besar kemungkinannya.

Baca juga artikel

Begini Cara Buat Foto ala #InstagramInHand

Ini Rahasia Pembuatan Casing Logam dan Kaca Lengkung Galaxy S6 Series

Selain Hardware, Hal Ini Perlu Diperhatikan Jika Ingin Membeli Ponsel

Artikel Lainnya

Komentar