Bagaimana Jadinya Jika AMD Diakusisi Samsung?

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Jumat, 27 Mar 2015 | 11:40

Perusahaan semikonduktor ternama, AMD, dikabarkan akan dibeli oleh perusahaan asal Korea Selatan, Samsung. Kabar ini menyeruak ke media dan menjadi bahan perbincangan hangat di ranah teknologi akhir Maret 2015 ini. Kabar tentang niat Samsung untuk membeli AMD ini berhembus setelah adanya laporan dari salah satu media Korea Selatan. Pada laporan tersebut, Samsung dikabarkan sedang merencanakan untuk mengakusisi perusahaan AMD. Hal ini dilakukan Samsung untuk meluaskan bisnis mereka di masa yang akan datang.

 

Jika kabar ini benar, maka tentu langkah akusisi akan membuat persaingan di ranah teknologi sedikit berubah. Sebagai gambaram, AMD saat ini jadi nomor dua dalam ranah pembuatan prosesor untuk komputer. Perusahaan bernama Advanced Micro Device tersebut kalah bersaing dengan Intel. Di ranah prosesor grafis atau VGA, AMD lewat Radeon-nya pun jadi nomor dua di bawah bayang-bayang Nvidia.

 Namun, persaingan Radeon dan Nvidia masih terbilang sengit jika dibandingkan persaingan prosesor AMD dengan Intel. Jika nantinya proses akusisi terwujud, bukan tidak mungkin AMD bisa bersaing lebih sengit dengan Intel maupun dengan Nvidia. AMD bisa memiliki dana lebih dari Samsung untuk proses pengembangan dan penelitian.

Samsung juga bisa mendapat keuntungan dari proses akusisi ini. Perusahaan asal Korea Selatan tersebut dapat bersinergi dengan AMD dalam pengembangan pembuatan chipset mobile. Seperti yang diketahui, Samsung memiliki chipset besutan mereka yang dinamakan Exynos. Bukan hal mustahil jika nanti terlahir chipset baru hasil kerjasama dari AMD dan Samsung. Chipset ini nantinya bisa bersaing dengan Qualcomm dan MediaTek. Samsung dan AMD pun bisa menjual chipset ini ke produsen pembuat gadget lainnya.

Sebenarnya, langkah akusisi yang dilakukan Samsung ini bukanlah hal baru. Samsung pernah berniat untuk mengakusisi AMD pada tahun 2007. Namun, hal itu hanya rumor dan wacana  semata. AMD tidak diakusisi dan kedua perusahaan berjalan sendiri-sendiri.  Baru pada Maret 2015 ini, berhembus kabar akusisi yang dilakukan Samsung terhadap AMD.

Lalu, apakah kabar ini benar-benar akan terwujud? Atau hanya jadi “wacana” saja layaknya tahun 2007? Kabar tentang hal ini masih belum jelas. Kedua belah pihak belum berkomentar dan memberikan pernyataan terkait rumor ini. Semoga saja rumor ini benar. Alasannya tentu agar AMD bisa menjadi lebih baik dan Samsung bisa memperluas bisnisnya.

Baca juga artikel

Begini Cara Buat Foto ala #InstagramInHand

Ini Rahasia Pembuatan Casing Logam dan Kaca Lengkung Galaxy S6 Series

Selain Hardware, Hal Ini Perlu Diperhatikan Jika Ingin Membeli Ponsel

Artikel Lainnya

Komentar

Dimasdanz 28 Maret 2015 - 00:47
Sebagai pecinta AMD, ga setuju nih. Soalnya Samsung sendiri ga pernah bikin inovasi bagus. Ntar kebawa-bawa sama AMD -_-