Anak Suka Nonton YouTube?, Pakai Aplikasi Youtube Kids Biar Aman

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Jumat, 27 Mar 2015 | 11:25

YouTube menjadi situs video populer yang banyak diakses orang, termasuk anak-anak.YouTube memiliki banyak jenis video, mulai dari konten ringan, animasi, sampai konten kekerasan dan bahkan ada video yang menampilkan konten seperti ciuman. Hal ini membuat banyak orang tua khawatir karena YouTube bisa diakses dengan mudah oleh siapa saja, termasuk anak-anak.

Menilik fenomena tersebut, Google akhirnya menghadirkan solusi agar anak-anak bisa menikmati konten video yang sesuai. Solusi dari Google tersebut adalah aplikasi bernama YouTube Kids. Aplikasi ini adalah aplikasi video YouTube yang mampu memfilter konten yang tidak sesuai untuk anak-anak. Komentar pada video pun tidak dapat dilihat sehingga anak-anak tidak akan melihat komentar yang kurang pantas.

Aplikasi Youtube Kids ini pun dihadirkan agar anak-anak bisa lebih mudah mencari konten yang mereka suka. Hal ini terlihat dari kategori yang dihadirkan oleh aplikasi ini. Kategori-kategori tersebut adalah Shows yang fokus pada acara semacam Sesame Street, Learning yang menghadirkan video edukasi, Explor dan Musik.

Kategori Shows berfokus pada acara anak-anak sepeti Sesame Street. Kategori Learning jelas berkaitan dengan konten pendidikan. Explor adalah kategori yang lebih umum. Kategori ini merupakan kumpulan video dari chanel-chanel YouTube yang menghadirkan konten tutorial dan konten permainan seperti cara memasak, cara bermain game Minecraft, dan sebagainya dan jelas, kategori musik merupakan kategori video musik anak-anak.

Hal yang menarik adalah aplikasi ini memiliki dua fitur. Fitur pertama adalah fitur pencarian melalui teks ataupun suara. Fitur kedua adalah Timer. Fitur ini memungkinkan orang tua untuk membatasi anak-anak menggunakan atau mengakses Youtube Kids. Tentu saja kedua fitur ini sangat bagus dan bisa jadi alat kontrol untuk orang tua

Aplikasi YouTube Kids ini bisa diunduh secara gratis di Google PlayStore dan iTunes App Store.  Karena gratis, aplikasi ini disisipkan iklan. Namun, tenang iklan yang hadir pun telah disaring dan disesuaikan dengan target penggunanya, dalam hal ini adalah anak-anak. Sayangnya, aplikasi ini baru tersedia untuk kawasan Amerika saja.  Belum jelas, kapan aplikasi ini akan hadir di negara lainnya, termasuk Indonesia.

Baca juga artikel

Begini Cara Buat Foto ala #InstagramInHand

Ini Rahasia Pembuatan Casing Logam dan Kaca Lengkung Galaxy S6 Series

Selain Hardware, Hal Ini Perlu Diperhatikan Jika Ingin Membeli Ponsel

Artikel Lainnya

Komentar

evanyzd 22 April 2015 - 11:02
nice article. Sangat penting nih buat yang punya adik-adik kecil.
PomadeMan 22 April 2015 - 13:35
iya gan, apalagi sering nnton youtube nih