Bisa Instal Aplikasi, Facebook Messenger Bisa Jadi Sistem Operasi

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Jumat, 27 Mar 2015 | 10:51

Dalam ranah aplikasi pesan instan, Facebook Messenger sebenarnya sedikit ketinggalan. Orang lebih banyak menggunakan aplikasi pesan instan lain, semacam BBM, LINE, WeChat, dan lain sebagainya. Tetapi seiring berjalannya waktu,  Facebook Messenger semakin populer dan bahkan menjadi salah satu aplikasi top di GooglePlayStore. Tent saja ini berkat kerjas keras dari Facebook untuk memberikan fitur-fitur terbaik yang membuat pengguna bisa mengandalkan Facebook Messenger.

Langkah untuk meningkatkan kualitas  dan memopulerkan Facebook Mesenger ini sudah dimulai semenjak diluncurkan fitur-fitur tambahan. Mulai dari penggunaan sticker sampai dengan kemampuan video call dan voice call. Dan pada tahun 2015 ini, Facebok Messenger  melakukan langkah yang lebih baik. Facebook menyuntikan fitur yang belum pernah ada di aplikasi pesan instan lainnya. Fitur tersebut adalah memungkinkannya Facebook Messenger memiliki aplikasi khusus dan tersendiri.

Fitur ini kemudian membuat Facebook Messenger tidak hanya sebagai aplikasi biasa. Facebook Messenger bertransformarsi menjadi Aplikasi Messenger. Cara kerjanya mirip dengan sistem operasi yang memungkinkan sebuah program atau aplikasi berjalan.  Aplikasi yang bisa dipasang di Facebook Messenger sudah berjumlah empat puluh lebih dan tidak menutup kemungkinan aplikasinya bertambah.

Bagaimana cara kerja aplikasi di Facebook Messenger? Aplikasi ini harus terpasang atau terinstal terlebih dahulu di Facebook Messenger. Caranya cukup memilih tanda dengan titik tiga di sudut kanan bawah chat. Nanti akan muncul pilihan menginstal aplikasi. Jenis aplikasi yang dinstal di aplikasi ini sendiri adalah aplikasi pendukung chating. Contohnya, aplikasi sticker yang lebih baik, pembuatan foto atau video, dan aplikasi cuplikan suara. Ada juga aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk menginstal gambar bergerak-gerak atau GIF.  Aplikasi jenis ini contohnya adalah  Giphy. Tentu penggunaan aplikasi ini juga akan optimal jika penerima pesan menginstal aplikasi yang sama. Karena itu, sesama pengguna Facebook Messenger diharapkan agar saing menyarankan penggunaan aplikasi yang sama.

Kehadiran Facebook Messenger ini tentu berpotensi membuat Facebook Messenge bisa menjadi platform tersendiri. Bahkan, ada yang menyebut bahwa langkah yang dilakukan facebook ini sebagai langkah awal agar di masa yang akan datang hadir sebuah Facebook Phone. Sebenarnya, Facebook juga pernah merilis smartphone buatan mereka sendiri seperti Facebook Home. Hanya saja produk ini masih kurang matang sehingga tidak populer. Lalu, apakah nantinya benar Facebook Messenger bisa menjadi platform atau OS tersendiri dan memiliki produknya sendiri? Mari tunggu perkembangannya dan jangan lupa untuk menikmati fitur terbaru ini, harus update Facebook Messenger terbaru.

Baca juga artikel

Begini Cara Buat Foto ala #InstagramInHand

Ini Rahasia Pembuatan Casing Logam dan Kaca Lengkung Galaxy S6 Series

Selain Hardware, Hal Ini Perlu Diperhatikan Jika Ingin Membeli Ponsel

Artikel Lainnya

Komentar