Asus Zenbook Pro UX501, Laptop 15,5 inci dengan VGA GeForce GTX 960M

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Jumat, 27 Mar 2015 | 10:28

Asus menghadirkan seri Asus Zenbook lainnya yang mengusung konsep laptop portable. Meskipun portable, produk bernama Zenbook Pro UX501 ini merupakan laptop berlayar besar dan agak berat. Layarnya datang dengan layar 15, 6 inci dengan bobot berat 2 kilogram. Untuk sebuah perangkat portable, bobot tersebut termasuk berat, tetapi untuk sebuah layar 15, 6 inci, bobot tersebut masih cukup masuk akal.

Zenbook Pro UX501 sendiri merupakan seri Zenbook Pro yang hadir dengan versi besar. Asus pernah mengeluarkan seri Zenbook Pro dengan layar 13,3 inci bernama Zenbook Pro UX301. Sebuah laptop portable yang ringan dan lebih mudah dibawa kemana-mana.

Lantas, mengapa Asus menghadirkan seri Zenbook Pro dengan layar lebih besar? Tentu saja untuk memberikan pengalaman baru bagi penggunanya yang membutuhkan laptop portable dengan spesifikasi cukup tinggi. Tidak tanggung-tanggung, Asus membenamkan prosesor Intel Core i7-4720HQ. Prosesor yang tentunya diklaim sangat kencang meskipun masih menggunakan prosesor Intel generasi ke empat Hasswell.

Sebenarnya, Intel sudah menghadirkan prosesor Intel generasi kelima, yakni Broadwell. Tetapi seri Broadwell baru hadir untuk seri prosesor yang hemat daya. Sementara untuk perangkat seperti ini, dibutuhkan prosesor Intel dengan daya 47 watt. Barangkali Asus bisa menggunakan Intel Broadwell jika ada seri yang lebih powerfull.

Prosesor yang kencang ini akan dikombinasikan dengan pengolah grafis NVIDIA GeForce GTX 960M.. Tentu membuat laptop ini bisa berlari atau menjalankan game berat karena GeForce GTX 960M merupakan salah satu kartu grafis terbaru yang kencang dan powerfull. Belum lagi, dukungan RAM sampai 16 GB, membuat laptop ini semakin memosisikan dirinya sebagai laptop kelas atas.

Pengalaman menggunakan Asus Zenbook Pro ini lebih seru karena Asus menghadirkan resolusi layar yang tinggi. Layar IPS dengan dimensi 15,6 inci ini ternyata mengusung resolusi 3840 x 2160 piksel sehingga membuat tampilan layarnya tajam dan bening.  Zenbook Pro UX501 juga hadir dengan opsi layar dengan resolusi lebih rendah, yakni 1920 x 1080 piksel. Tentu saja, seri resolusi yang lebih rendah memiliki banderol harga yang lebih murah.

Untuk spesifikasi lainnya, Zenbook Pro UX501 dibekali dengan SSD 512 GB dengan intergace PCI Express x4. Ini membuat kemampuan baca tulis SSD ini meningkat hingga 1400MB/s. Ada juga tiga port USB 3.0, port, Bluetooth 4.0 WiFi, SD card reader, dan port Thunderbolt. Sementara untuk dayanya, tersemat baterai yang diklaim Asus mampu membuat laptop ini menyala hingga 6 jam lamanya ketika digunakan.

tantas, berapa harga Zenbook Pro UX501 ini? Asus belum memberikan pernyataan soal harga laptop ini. Tapi dikutip dari  Laptopmedia.com, Zenbook Pro UX501 ini sudah siap di pasaran dengan banderol harga 1828 Euro atau sekitar Rp 25 jutaan. Harga yang sangat fantastis.

Baca juga artikel

Begini Cara Buat Foto ala #InstagramInHand

Ini Rahasia Pembuatan Casing Logam dan Kaca Lengkung Galaxy S6 Series

Selain Hardware, Hal Ini Perlu Diperhatikan Jika Ingin Membeli Ponsel

Artikel Lainnya

Komentar