Internet of Things Didukung Chipset Terbaru Broadcom  

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 26 Mar 2015 | 20:53

 

Perkembangan IoT (Internet of Things) akan segera menjadi kenyataan, hal ini terlihat dari semakin banyaknya vendor yang menyatakan diri mendukung program tersebut. Selain Samsung, ada juga produsen chipset yang siap mensukseskan Internet of Things agar terwujud dalam waktu cepat. Kontribusi Broadcom untuk IoT adalah dengan memperkenalkan sebuah chipset terbaru yang akan menghadirkan kecepatan jaringan WiFi tercepat, yaitu 802.11ac pada perangkat smartphone.

Jaringan WiFi 802.11ac biasanya dipergunakan pada sebuah router dan dengan chipset terbaru buatan Broadcom, teknologi ini akan bisa dipergunakan pada smartphone dan dengan demikian sebuah smartphone tidak akan hanya menjadi client atau konsumen dari sebuah jaringan saja namun nantinya akan bisa menjadi pengontrol Internet of Things, demikian ungkap David recker, direktur senior divisi konektivitas nirkabel Bradcom, seperti dilansir di situs Gigaom. Keunggulan lain yang juga dijanjikan oleh chipset smartphone terbaru buatan broadcom adalah kemampuan chipset untuk terhubung dan berkomunikasi dengan dua jenis band WiFi secara simultan, yaitu WiFi 2,4GHz dan WiFi 5GHz.

Kemampuan dual band tersebut sebetulnya adalah fitur standar pada sebuah produk router kelas atas yang mampu melayani konektivitas pada dua pita frekuensi yang berbeda secara bersama-sama. Namun teknologi ini belum pernah ada pada perangkat smartphone, karena membutuhkan dua jenis antena yang berbeda untuk terhubung pada dua jenis band WiFi tersebut. 

Broadcom menghadirkan solusi untuk masalah tersebut pada chipset terbaru mereka, walaupun mereka tak menyebutkan secara lebih detail bagaimana caranya teknologi tersebut akan diaplikasikan.  Namun paling tidak chipset terbaru buatan Broadcom ini membuka jalan terhadap penggunaan teknologi dual-antena atau teknologi MIMO pada perangkat smartphone kelas atas.

Dengan penggunaan dua buah antena untuk masing-masing jenis WiFi maka akan menghasilkan  peningkatan kecepatan akses  yang sangat tinggi, dengan demikian ponsel akan bisa dipergunakan pula untuk mengontrol jaringan Internet of Things seperti mematikan menghidupkan, alat elektronik kulkas, AC, TV, dan berbagai hal lain. Diharapkan chipset terbaru buatan Broadcom ini akan segera terealisasi dan IoT akan segera menjadi kenyataan seiring semakin banyaknya perangkat smartphone canggih dan koneksi internet yang semakin cepat bermunculan. (Tedi)

Baca juga artikel

Harga Murah Smartphone Lumia Maret 2015

Hp Murah Meriah di Bawah Rp 300 ribu

Samsung Galaxy Xcover 3, Tahan Tenggelam Selama 30 menit

Artikel Lainnya

Komentar