MediaTek Pump Express Plus, Fast Charging Saingan Qualcomm Quick Charge 2.0

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 19 Mar 2015 | 14:16

Dua vendor prosesor terbesar dunia, Qualcomm dan MediaTek rupanya juga bersaing dalam hal fitur fast recharging. Seperti diketahui, saat ini marak sekali ponsel yang menawarkan fitur fast charging alias isi ulang baterai secara kilat. Beberapa produk yang telah mempergunakan teknologi ini adalah HTC One, Samsung Galaxy S6, LG, dan banyak lagi. Yang lebih dulu mempergunakan fitur ini adalah Qualcomm yang menyertakannya pada prosesor Snapdragon. Kini muncul saingan fitur Qucik Charging 2.0 Qualcomm, yaitu Pump Express Plus buatan MediaTek.

MediaTek, perusahaan berbasis di Taiwan ini mengembangkan solusi fast charging terbaru dengan pilihan output 7V dan 9V. seperti dirilis di Gizmochina, Pump Express Plus akan bisa dipergunakan dengan chipset Mediatek, khususnya seri MT6595 dan MT6732. Mediatek telah mengkomersilkan fitur Pump Express Plus fast charging ini dalam bentuk sebuah charger HF-QC-084, yang dibuat khusus untuk smartphone Koobe Halo 3.

Charger khusus yang merupakan bentuk pertama Pump Express Plus dari Mediatek ini mampu memberikan solusi isi ulang kilat dengan berbaga tingkat output mulai dari 5V 1,67A (8,035W), 7V 1,67A (11,69W), serta 9V 1,67A (15,3W). Mediatek merilis info bahwa fitur Pump Express Plus buatanya mampu mengisi ulang baterai hingga 75% hanya dalam waktu 30 menit saja dengan kapasitas baterai 2060 mAh.


Bahkan jika Anda terburu-buru, mengisi ulang ponsel dengan Pump Express Plus selama 5 menit maka Anda sudah bisa menelepon selama 2 jam tanpa henti.Seperti pada fitur fast charging lain, Pump Express Plus juga dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang akan menghindarkan ponsel Anda dari overload dan overheat. Fitur pengaman tersebut antara lain adalah sikring baterai, monitor voltase baterai, perlindungan overload, dan juga pengatur suhu.

Fitur ini akan mulai diterapkan pada smartphone mulai akhir kuartal 2015 dan akan diadopsi oleh semua smartphone yang mempergunakan prosesor buatan mediatek, terutama chipset MT6595 dan MT6732. Jadi di masa depan, Anda  tak perlu lagi tergantung pada colokan di dinding atau menenteng powerbank kemana-mana di dalam tas Anda. (Tedi)

Baca juga artikel

Kalahkan MacBook Air, Google Chromebook Gunakan Dua Port USB-C

Daftar Toko dan Produk yang Ada Potongan Harganya di Pricebook

Ini Cara Mendapatkan Potongan Harga dari Toko Offline di Pricebook

Artikel Lainnya

Komentar