Jam Pintar Tak Semahal Apple Watch, Hanya Rp400ribuan

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Senin, 16 Mar 2015 | 13:56

Ketika Apple menghadirkan perangkat jam tangan pintarnya dengan harga tinggi, produsen asal Tiongkok ini justru melakukan sebaliknya. Produsen dengan nama Pipo tersebut menghadirkan smartwatch dengan harga yang sangat murah. Anda tidak perlu merogoh kocek jutaan atau puluh jutaan layaknya Apple Watch hanya sebuah jam tangan pintar. Anda cukup mengeluarkan dana sekitar $32 atau  Rp 421.000 untuk sebuah jam tangan pintar bernama Pipo C2. 

Pipo C2 hadir dengan tampilan desain warna putih elegan. Bentuknya persegi dengan sudut melingkar. Bagian jamnya bisa dilepas dari gelang sehingga Anda bisa menyimpan bagian jamnya tanpa perlu membuka pengikatnya.

Lalu, bagaimana kemampuan jam tangan pintar ini? Meskipun harganya sangat murah, Pipo C2 ternyata tidak kalah  kemampuan dan fiturnya. Hal ini bisa dilihat dari kemampuan jam tangan pintar ini untuk terhubung dengan ponsel cerdas via Bluetooth. Pipo C2 juga bisa menampilkan pemberitahuan layaknya jam tangan pintar pada umumnya.

Selain itu, Pipo C2 juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon. Anda juga bisa memanfaatkan Pipo C2 sebagai speaker phone sehingga membuat Anda bisa menelepon sambil menjalankan aplikasi lain di smartphone Anda. 

Tidak hanya itu, Anda juga bisa memutar lagu di smartphone dengan kontrol penuh dari Pipo C2.  Anda juga bisa mengontrol tombol shutter remote untuk kamera lewat jam tangan pintar ini. Pipo C2 juga mendukung  fungsi pedometer yang bisa menghitung langkah, kecepatan, dan jarak perjalanan Anda.

Dengan kemampuan dan fitur yang dimilikinya, Pipo C2 bisa diperhitungkan sebagai jam tangan pintar berkemampuan baik di kelas sangat terjangkau. Namun sayang, Pipo C2 tidak menjalankan sistem operasi Android Wear seperti halnya jam tangan cerdas kebanyakan.

Tidak dijelaskan sistem operasi  apa yang akan diusung oleh Pipo C2. Kepastian dukungan terhadap pengembang aplikasi pihak ketiga pun belum jelas.  Begitu pula dengan jenis baterai yang digunakan dan kemampuan baterainya. Produk Pipo C2 ini tampaknya hanya dijual di Tiongkok tetapi tidak menutup kemungkinan karena harganya yang murah, perangkat ini bisa hadir di Indonesia.

Baca juga artikel

Ini Varian Zenfone 2 yang Masuk ke Indonesia

Microsoft Lumia 640 XL, WindowsPhone Dalam Kepungan Android

Rumor Peluncuran Flagship Lenovo Terbaru Vibe Z3 Pro di 23 Maret

Artikel Lainnya

Komentar