Android 5.1 Lollipop Meluncur, Google Tambahkan Tiga Fitur Berikut Ini.

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Selasa, 10 Mar 2015 | 13:28

Akhirnya, Google mengumumkan sistem operasi Android terbarunya yakni Android 5.1. Sistem operasi terbaru ini masih menggunakan nama Android Lollipop. Hal yang sedikit berbeda dengan sebelumnya.

Untuk diketahui, Google sering memberikan nama baru meskipun versi Android masih menggunakan angka yang sama dengan sebelumnya. Contohnya adalah ketika Google merilis Android 4.0 dengan nama Ice Cream Sandwich. Setelah itu, Google merilis Android 4.1 sampai 4.3 dengan nama Android Jelly Bean. Baru pada versi Android 4.4, Google mengganti nama kembali, yakni Android KitKat.

Penamaan sistem operasi Android 5.1  sama dengan Android Jelly Bean, yang memiliki versi 4.1, 4.2, dan 4.3. Lantas, apa yang baru dari Android  5.1 Lollipop ini?  Setidaknya, ada tiga fitur utama yang ditawarkan oleh Android 5.1. Berikut ketiga fitur tersebut.

Dukungan Dual SIM

Google akan memberikan fitur untuk dukungan dual SIM menjadi lebih baik. Belum jelas akan seperti apa fitur ini. Namun, beberaa sumber menyebutkan jika fitur ini nantinya memungkinkan kontak yang ada di SIM1 dan SIM2 akan berbeda warna. Hal ini untuk memudahkan pengguna membedakan mana kontak yang tersimpan. Dukungan ini juga akan membuat kontak lebih mudah terasosiasi.

Device Protection

Fitur ini bisa jadi salah satu andalah dari Android 5.1 Lollipop. Apa fungsi dari fitur ini? Dengan Device Protection, data pengguna akan aman meskipun misalnya smartphone hilang atau dicuri. Dengan fitur ini, perangkat Android akan terkunci sampai pengguna benar-benar login dengan akun Google mereka. Yang menarik, meskipun nantinya perangkat Android disetel ulang  ke setelan pabrik, kunci keamanan akan tetap terpasang.

Kualitas Suara Tinggi

Beberapa smartphone Android tertentu yang memiliki dukungan suara jernih, akan sangat senang dengan fitur ini. Pasalnya, fitur ini memungkinkan sebuah smartphone  bisa menikmati panggilan dengan kualitas suara HD dan jernih. Tentu saja hal ini juga harus didukung dengan operator seluler yang menyediakan kualitas suara jernih seperti operator T-Mobile dan  Verizon.

Itulah tiga fitur utama yang dimiliki oleh Android 5.1 Lollipop. Kabarnya, terdapat fitur lain yang ada di Android 5.1 Lollipop ini. Belum jelas fitur seperti apa, tetapi pastinya akan diketahui ketika Android 5.1 Lollipop sudah rilis.

Sayang, Google belum menjelaskan kapan Android 5.1 Lollipop akan rilis. Tetapi yang pasti, Android 5.1 Lollipop akan bisa dinikmati terlebih dulu oleh perangkat Motorola Nexus 6 dan HTC Nexus 9. (Tedi)

Baca juga artikel

Asus Luncurkan Zenfone 2 di Taiwan

Daftar Harga Termurah Smartphone Apple Maret 2015

Mortal Kombat X Siap Menyambangi Android dan IOS

Artikel Lainnya

Komentar