ZTE Grand S3, Cukup Gunakan Mata Tak Perlu Kata Sandi

Oleh Tedi Yuni A on Selasa, 03 Mar 2015 | 18:39

Smartphone ZTE Grand S3 yang diluncurkan ZTE pada ajang tahunan MWC 2015 di Barcelona kali ini menjadi sosok yang mencuri perhatian selain Samsung Galaxy S6 dan HTC One M9. Pasalnya, smartphone ini dibekali dengan fitur biometrik pemindai mata yang memungkinkan pengguna log-in ke ponsel mereka melalui scanning mata dengan bantuan kamera depan.  

Teknologi ini dinamakan EyePrint ID, dan ZTE menggandeng EyeVerify sebagai pemilik teknologi ini untuk memasangkannya di setiap seri Grand nantinya selain Grand S3. Untuk saat ini, fitur ini hanya berfungsi sebatas mengunci dan membuka ponsel dan ZTE berjanji akan memberikan pengembangan untuk teknologi ini.

Cara kerja fitur ini adalah dengan cara memindai pola susunan syaraf mata yang unik pada bola mata dengan bantuan kamera depan 8 MP Grand S3. Fitur ini hanya membutuhkan satu detik untuk otentifikasi pengguna jika ponsel dipegang pada jarak yang tepat antara ponsel dan wajah.

Layar akan memutih jika proses itu berlangsung dan kondisi demikian sangat membantu ketika berada di kondisi minim cahaya. Namun dalam kenyataannya proses pemindaian dengan menggunakan retina ini tidak secepat menggunakan PIN code karena ketidak tepatan jarak dalam prosesnya.

Sebelumnya pengenalan metode biometrik ini sudah dikenalkan Apple dengan menghadirkan metode pengenalan sidik jari pada iPhone. Sayangnya, sidik jari bukan satu-satunya alat untuk metode biometrik dan ZTE mengembangkannya dengan bantuan rentina mata.

Spesifikasi Grand S3

Grand S3 memiliki layar Full HD 5,5 inci (1920 x 1080 pixels) dan dipasangkan prosesor Quad-Core 2,5 Ghz Snapdragon 801, dan RAM 3 GB. Internal memori miliknya sebesar 16 GB dan dapat diperluas dengan kartu microSD hingga 64 GB.  Menariknya, Grand S3 ditunjang dengan baterai berkapasitas 3100 mAh. Hanya saja sistem operasinya masih menggunakan Android v4.4  KitKat.

Dua kamera yang dimiliki masing-masing beresolusi 8 MP untuk kamera depan dan 16 MP sebagai kamera utama. Dilengkapi dengan dual LED flash untuk membantu pencahayaan saat dalam kondisi gelap.

ZTE Grand S3 rencananya akan dipasarkan di Tiongkok dan belum ada kabar apakah meluas ke pasar-pasar negara lain seperti Indonesia. Saat ini harganya diperkirakan Rp6,2 juta.

Baca juga artikel 

Enam Smartphone Wiko, Warnai Pasar Indonesia

Ingin Tahu Hasil Benchmark Duo Galaxy S6? Inilah Hasilnya

Sony Luncurkan Xperia M4 Aqua dan Xperia Z4 Tablet

Artikel Lainnya

Komentar