Rumor: LG Kembangkan Prosesor Maya

Oleh Alena Yulitta on Selasa, 24 Peb 2015 | 14:04

LG rupanya tak ingin kalah dengan vendor senegaranya, Samsung untuk memproduksi chipset prosesor mereka sendiri. Hal ini pernah dibuktikan LG dengan memproduksi prosesor NUCLUN yang merupakan produk pertama asli buatan LG dan telah dipasang pada varian phablet LG G3 Screen, yang diproduksi tahun lalu. Namun karena performa NUCLUN kurang bertenaga dan masih di bawah rata-rata prosesor buatan Qualcomm, Mediatek, dan Exynos, maka debut prosesor besutan LG yang pertama ini kurang berhasil dan menyebabkan penjualan LG G3 Screen juga tak  sukses di pasaran.

Namun kegagalan tersebut justru semakin membuat LG bersemangat dan tahun ini mereka dikabarkan  akan meluncurkan prosesor kedua yang mereka kembangkan sendiri. Prosesor high-end terbaru ini akan ditenagai core Cortex-A72, sebuah prosesor terbaru buatan ARM yang baru saja diumumkan awal bulan ini. Dengan core Cortex-A72 terbaru ini LG berharap mampu memproduksi sebuah chipset yang bisa menyaingi Snapdragon 810 buatan Qualcomm.

Chipset yang diberi kode “Maya” ini pada awalnya akan membawa struktur octa core dengan susunan  4 buah chip Cortex-A53 dan 4 buah chip Cortex-A57, namun karena masalah  yang sama dengan snapdragon 810, yaitu masalah suhu yang terlalu tinggi pada clock speed tertentu, akhirnya proyek prosesor “Maya” ini diganti susunan chipnya, yaitu sekarang akan terdiri dari 4 buah chip Cortex-A72 dan 4 buah chip Cortex-A53 yang dinilai lebih stabil dan suhunya lebih adem.

Untuk melengkapi chipset prosesor “Maya” ini, kabarnya LG akan menggunakan mesin grafis Mali-T880. Untuk proses produksinya sendiri tidak akan dilakukan oleh LG karena belum mempunyai fasilitas yang diperlukan. LG akan bekerja sama dengan TSCM, sebuah produsen semikonduktor yang berbasis di Taiwan, yang sebelumnya juga pernah memproduksi prosesor untuk Apple.

Di fasilitas produksi ini, “Maya” akan dibuat dengan teknologi 20nm. Namun yang agak aneh, Cortex-A72 hanya bisa diproduksi dengan teknologi 16nm. Hal ini menyebabkan rumor ini menjadi agak kabur karena jika Cortex-A72 diproduksi dengan teknologi 20nm akan berpotensi mengurangi kinerjanya. Ataukah nanti di TSMC hanya untuk proses perakitan saja?, kita tunggu tahun depan, karena Cortex-A72 dipersiapkan untuk tahun 2016. (Tedi)

Baca juga artikel

Smartphone Tizen Terayar Samsung Akhirnya Diluncurkan

Huawei Ascend G7 Menawarkan 4G dan Layar Besar

BenQ F52, Gunakan Snapdragon 810 dan RAM 3 GB

Artikel Lainnya

Komentar