Hadapi Persaingan, Samsung Siapkan Chipset Exynos Generasi Baru

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Selasa, 17 Peb 2015 | 15:01

Samsung terus mengembangkan chipset besutannya sendiri, Exynos, agar lebih populer dibandingan kompetitor sejenis seperti MediaTek dan Qualcomm. Saat ini Exynos 7 menjadi chipset terbaru yang dikembangkan oleh pabrikan asal Korea Selatan tersebut. Salah satu serinya, Exynos 7420 rencananya akan dipakai pada Samsung Galaxy S6, smartphone terbaru yang akan meluncur di Tanah Air pada Maret mendatang.  

Menariknya lagi, Samsung telah melanjutkan pengembangan dengan menghadirkan Exynos 7 seri lainnya, yakni Exynos 7650 dan Exynos 7890. Keduanya seri ini akan jadi prosesor perdana dari Samsung dengan basis 64-bit.

Chipset ini memiliki kelebihan dari segi teknologi fabrikasinya. Untuk diketahui, Qualcomm Snapdragon 810 dibuat dengan proses fabrikasi 20nm. Sementara Exynos 7650 dan Exynos 7890 dibangun dengan teknologi fabrikasi 14nm yang membuatnya lebih kuat 20 persen dan hemat baterai sebesar 35 persen dibandingkan chipset yang dibangan dari arsitektur 20nm. Semakin kecil chipset yang ditanamkan pada sebuah smartphone maka akan semakin baik kinerjanya.

Persaingan ini akan semakin ketat jika keduanya chipset ini telah hadir, sayangnya belum dipastikan kapan pembuatannya akan selesai. Hanya saja rumor yang beredar menyebutkan bahwa chipset tersebut akan dipasangkan pada produk premium milik Samsung yang akan meluncur di tahun ini. (Tedi)

Baca juga:

Kingston MicroSDXC Class 10 UHS-I, MicroSD Jumbo 128 GB

Acer Liquid Z205, Smartphone dengan RAM 1 GB HargaRp 750 Ribu

Samsung Galaxy S6 Edge, Pamungkas di Kelas Atas

Artikel Lainnya

Komentar