Inilah Smartphone Pertama dengan Sistem Operasi Ubuntu Touch  

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Rabu, 11 Peb 2015 | 12:36

Tahun 2013,  pengembang OS Ubuntu yang merupakan sistem operasi berbasis Linux mengumumkan pengembangan sistem operasi Ubuntu Touch. Sistem operasi ini merupakan OS Ubuntu yang ditujukan khusus untuk perangkat mobile. Sayangnya, proyek ini sempat terhenti dan tidak ada kabar kelanjutannya.

Namun, Ubuntu Tourch ternyata benar-benar ada. Setidaknya hal ini dapat dilihat dari keberadaan smartphone BQ Aquaris E4. Dikutip dari Liliputing (08/2), BQ Aquaris E4.5 merupakan smartphone Android pertama yang hadir dengan OS Ubuntu Touch.  Ini berarti sistem operasi Ubuntu Touch memang benar-benar dihadirkan dan siap bersaing dengan OS mobile yang sudah hadir lebih dulu.  

Smartphone BQ Aquaris E4.5  sendiri memiliki spesifikasi yang tidak terlalu tinggi.  Layarnya cukup luas karena mengusung dimensi layar 4,5 inci. Sementara untuk resolusinya, smartphone ini hanya mendukung  qHD 960 x 540 piksel dengan kerapatan layar 220 ppi.  Teknologi layarnya sendiri menggunakan layar TFT kapasitif dan bukan IPS LCD.

Untuk sektor dapur pacu, BQ Aquaris E4.5  akan menggunakan prosesor empat inti yang memiliki kecepatan hingga 1,3 GHz. Tipe prosesor yang digunakan adalah prosesor ARM Cortex-A7 yang dikombinasikan dengan GPU Mali-400MP2. Mengusung chipset MediaTek MT6582 dan dukungan  RAM 1 GB, tentunya kombinasi ini sudah cukup menarik.  Namun, belum diuji apakah  Ubuntu Tourch membutuhkan resource tinggi atau tidak. Tapi tampaknya spesifikasi yang dihadirkan smartphoe sudah cukup memadai.

Untuk menyimpan data, tersedia memori internal 8 GB yang siap menampung berbagai data. Jika memori internal ini kurang, tersedia slot microsSD untuk menambah memori. Untuk konektivitas, smartphone ini sudahdidukung dengan konektivitas WiFi, Bluetooth, GPS dan port microUSB. Sementara jaringan yang didukung adalah 3G HSPA

Sementara untuk urusan kamera, BQ Aquaris E45 dibekali dengan kamera  8 MP pada bagian belakang. Kamera ini sudah mendukung kamera autofokus dandual LED flash. Yang menarik, kamera ini dilengkapi dengan kamera depan 5 MP. Tentu saja ini membuat smartphone BQ Aquaris E45 bisa digunakan untuk keperluan  memotret, baik untuk selfie maupun video call.

Belum ada informasi terkait kapasitas baterai BQ Aquaris E45. Pihak pengembangnya juga tidak menyebutkan kapan smartphone ini akan meluncur ke pasaran. (Tedi)

Baca juga artikel: 

HTC Desire 626, Siap Saingi Moto G

Mi Pad 2 Hadir dengan Intel dan Retina Display

Skype untuk Android Kini Bisa Kirim Foto ke Kontak Offline

Artikel Lainnya

Komentar