Beberapa Custom ROM Pilihan untuk Perangkat OS Android

Oleh Jingga Prasetya on Jumat, 06 Peb 2015 | 14:55

Custom ROM merupakan firmware yang dimodifikasi dari fimrware murni atau Stock ROM. Firmware yang telah dimodifikasi ini umumnya dikembangkan oleh pengembang pihak ketiga dengan maksud tertentu.

Para pengembang bisa memodfikasi, menambahkan, dan mengurangi beberapa fitur dari sumber utamanya Contoh Custom ROM yang paling banyak adalah Custom ROM Android. Betapa tidak, terbukanya sistem Android membuat pengembang pihak ketiga cukup leluasa mengubah Stock ROM Android. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya custom ROM Android yang beredar. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

 

CyanogenMod

CyanogenMod yang muncul pada tahun 2011 merupakan custom ROM yang paling populer diantara custom ROM lainnya. Custom ROM ini dikenal sebagai custom ROM yang stabil. Tampilan antarmukanya yang menarik juga membuat CyanogenMod banyak disukai pengguna. Bahkan,saking populernya CyanogenMod, pengembangnya dipercaya untuk membuat sistem operasi versi lain untuk vendor OnePlus.

Link Download di sini

SlimRoms

Custom ROM yang satu ini cocok digunakan untuk pengguna Android yang memiliki RAM yang tidak terlalu besar. Pasalnya, SlimRoms adalah customROM yang sudah dirampingkan. Artinya, ada beberapa fitur pada Android yang kemudian tidak digunakan di custom ROM ini. Meskipun terjadi perampingan, customROM ini tetap stabil dan lancar dijalankan di perangkat Android dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi sekalipun.

Link Download di sini

Paranoid Android

Custom ROM ini hadir dengan tampilan antarmuka yang mirip dengan aslinya. Namun, Paranoid Android hadir dengan fitur yang lebih melimpah dibandingkan versi aslinya. Salain itu, Custom ROM Android ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah smartphone yang cepat panas. Dengan Paranoid Android masalah panas bisa lebih diminimalisir, setidaknya begitu pengakuan dari beberapa orang yang pernah mencobanya.

Link Download di sini

MIUI

Tampilan antarmuka yang sedikit mirip iOS, desain yang indah, serta nama Xiaomi dibelakangnya menjadikan MIUI begitu dikenal. Custom ROM ini bisa digunakan untuk para pengguna Android yang membutuhkan tampilan desain cantik dan ciamik. Sayangnya, MIUI ini tidaklah ringan dan banyak mengonsumsi RAM.

Link download di sini

Android Open Kang Project

CustomROM yang satu ini memiliki interface yang sedikit mirip dengan CyanogenMod. Namun, fiturnya lebih banyak dibandingkan CyanogenMod. Jika pengguna bosan dengan CyanogenMod dan membutuhkan tambahan lain, maka custom ROM yang terkenal dengan sebutan AOKP bisa jadi pilihan. Terlebih jika pengguna menginginkan fitur yang mampu  menyalakan smartphone dari mode sleep dengan satu ketukan, seperti fitur yang terdapat pada LG G3. (Tedi)

 

Baca juga artikel:

Ubah Smartphone jadi Mouse dengan Aplikasi Ini

Ini Daftar Harga dan Tempat Pemesanan Smartphone Android One

Google Resmi Umumkan Peluncuran Android One di Indonesia

Artikel Lainnya

Komentar