Inilah Keyboard PC dengan OS Android

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Jumat, 06 Peb 2015 | 14:22

Commodore adalah perusahaan yang dikenal pernah menghadirkan perangkat computer-in-a-keyboard bernama Commodore 64. Perangkat ini hadir sekitar 30 tahun yang lalu dan cukup menyita perhatian. Pasalnya, produk tersebut sangat menarik karena menghadirkan PC dalam basis keyboard. Cukup unik, bahkan produk ienjadi salah satu produk komputer personal yang cukup terkenal, bukan hanya karena bentuk tetapi karena fungsi kesatuan PC dan keyboard-nya yang membuatnya menjadi lebih populer.

 

Konsep yang sama  kini kembali hadir. Sebuah komputer berbentuk keyboard telah hadir kembali. Produk tersebut adalah OneBoard Pro+. Uniknya, OneBoard Pro+ adalah PC yang ada dalam keyboard dengan mengusung sistem operasi Android. Sebuah konsep yang cukup menarik mengingat produk PC Android dengan ukuran mini lainnya umumnya berbentuk kotak atau bahkan terpasang di perangkat monitor (PC All in One).

OneBoard Pro+ sendiri hadir dengan prosesor empat inti berkecepatan 1,8 GHz. Chipset yang digunakan adalah Rockchip RK3288. Chipset ini ditandemkan dengan RAM 2 GB dengan dukungan eMMC 16 GB yang juga memiliki dukungan SD card. Spesifikasinya memang tergolong cukup menarik meskipun tidak terlalu tinggi untuk sebuah PC Android. Yang mungkin tambah menarik adalah bahwa OneBoard Pro+ telah didukung dengan WiFi 802.11 b/g/n USB OTG, dan Bluetooth 4.0. Tersedia juga beberapa port yang umumnya bisa ditemukan di PC seperti HDMI output, DVI input, headphone jack, dan dua buah USB ports.

Keyboad pada OneBoard Pro+ cukup menarik dari sisi desain. Pasalnya, keyboard-nya memiliki lampu LED dengan beragam warna. Lampu-pampu tersebut akan menyala ketika tombol keyboard ditekan. Selain LED pada keyboard yang menyala, produk ini juga memiliki lampu pada bagian jack headphone.

Bisa dikatakan, OneBoard PRO+ adalah solusi PC lain yang cukup praktis dan berbentuk kecil. Praktis karena pengguna tidak memerlukan keyboard tambahan. Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan produk ini sebagai keyboard saja dan menghubungkannya ke perangkat lain. Dengan kelebihan tersebut, OneBoard PRO+ dibanderol seharga $299 atau sekitar Rp 3,4 jutaan. (Tedi)

Baca juga artikel:

Ubah Smartphone jadi Mouse dengan Aplikasi Ini

Ini Daftar Harga dan Tempat Pemesanan Smartphone Android One

Google Resmi Umumkan Peluncuran Android One di Indonesia 

Artikel Lainnya

Komentar

Khoirul Mukminin 11 Pebruari 2015 - 14:42
Just ngiler...
Bima Satria 12 Pebruari 2015 - 10:31
ati2 pak ilernya jatoh haha