Ini Kelebihan Smartphone Android One dari Ponsel Sekelasnya

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Kamis, 05 Peb 2015 | 19:24

Google merilis proram Android One perdana di kawasan Asia Tenggara, yakni di Indonesia. Untuk diketahui, program Android One adalah proyek Google yang bertujuan untuk menghadirkan produk smartphone murah di negara-negara berkembang. Tak tanggung-tanggung, ada tiga produk Android One yang diinisiasi Google. Pertama, Evercoss One X, lalu Nexian Journey dan terakhir Mito Impact. Ketiganya dibanderol dengan harga sekitar Rp 1,2 hingga Rp 1,4 juta untuk harga normalnya.

Menilik harganya tentu membuat produk Android One akan sekelas produk murah lainnya. Hal ini bisa saja menimbulkan persepsi bahwa Android One adalah produk smartphone Google yang kurang berkualitas. Namun, tentu saja anggapan tersebut salah. Pasalnya, Android One bukanlah sembarang ponsel murah. Ada beberapa alasan yang membuat Android One memiliki nilai lebih jika dibandingkan dengan produk Google lainnya.

Pengawasan langsung dari Google

Salah satu kelebihan Android One adalah proses pembuatan smartphone yang langsung diawasi Google. Penggunaan prosesor, RAM, layar, dan lain-lainnya langsung diawasi pemakaiannya oleh Google. Tidak heran jika kemudian Evercoss One X, Nexian Journey dan Mito Impact memiliki spesifikasi yang serupa. Dengan campur tangan Google, ketiga produk tersebut pun akhirnya bisa dikatakan lolos kelayakan sebagai smartphoe murah yang istimewa dari Google.

Desain dasar dari Google

Perlu diketahui, Android One adalah produk yang skema atau konsep desain dasarnya berasal dari Google. Maksud dari desain dasar adalah perihal komponen yang ada di dalamnya. Hal ini disengaja Google karena Google menginginkan sebuah ponsel cerdas  murah yang benar-benar ideal. Sementara desain fisiknya, Google menyerahkannya ke masing-masing vendor. Karena alasan inilah, meskipun ketiga smartphone Android One yang hadir berbentuk sama tetapi ada beberapa perbedaan dari segi fisiknya.

Meminimalisir penyakit ponsel murah

Sudah diketahui umum, jika smartphone berbanderol murah umumnya memiliki masalah umum. Misalnya seringnya smartphone crash, cepat panas, atau performa yang lamban. Penyakit-penyakit ini biasa terjadi di smartphone murah dan sering membuat penggunanya kesal. Nah, produl Android One didesain agar tidak mengalami masalah atau penyakit tersebut. Campur tangan Google membuat produk Android One lebih sinergi antara hardware dan software-nya. Dengan cara ini, pada akhirnya penyakit-penyakit smartphone murah tidak akan muncul atau setidaknya diminimalisir di produk Android One.

Mendapatkan update langsung dari Google

Keistimewaan Android One adalah dukungan sistem operasi dari Google. Produk Android One ini menggunakan sistem operasi Android asli dari Google. Artinya, sistem operasi Android pada produk Android One tidak dikostumisasi oleh para vendor. Selain itu, Google juga menjanjikan update sistem operasi lebih cepat pada produk Android One. Ini berarti Google memperlakukan  Android One sama seperti Google Nexus yang notabene sering mendapat keistimewaan jika dibandingkan produk dari vendor lain.

Baca juga artikel:

Ubah Smartphone jadi Mouse dengan Aplikasi Ini

Ini Daftar Harga dan Tempat Pemesanan Smartphone Android One

Google Resmi Umumkan Peluncuran Android One di Indonesia 

Artikel Lainnya

Komentar