HoloLens Membuat Google Glass Seperti Rongsokan

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 05 Peb 2015 | 18:17

Beberapa waktu yang lalu Microsoft membuat gebrakan dengan meluncurkan produk yang diberi nama dengan Microsoft HoloLens. Proyek wearable device ini adalah salah satu proyek ambisius hasil kerjasama Microsoft dengan NASA. Oleh sebab itu tak heran jika proyek yang syarat dengan teknologi tinggi ini disambut dengan sangat antusias oleh banyak orang.

Gadget HoloLens memang belum pernah ada, bahkan gadget ini membuat Google Glass seperti sebuah rongsokan yang tak berguna, padahal sebelum dihentikan produksinya, Google Glass sempat membuat kehebohan. HoloLens buatan Microsoft memang jauh lebih keren dan juga dilengkapi dengan teknologi yang jauh lebih hebat, jauh lebih maju dari sekedar kamera yang dipasang pada kacamata.

Bentuk HoloLens memang sedikit banyak mirip dengan Google Glass, namun desainya jauh lebih rumit dan terkesan lebih gahar namun juga elegan. Lantas apa fungsi kacamata berteknologi tinggi dari Microsoft ini?  Mari kembali ke masa beberapa bulan sebelum HoloLens ini diciptakan. Saat itu Microsoft memproduksi sebuah teknologi yang bernama Windows Holographic dimana manusia bisa melakukan interaksi dengan sebuah obyek 3D yang ada di sekitarnya secara real. Nah, dari situ maka diciptakanlah HoloLens yang merupakan alat khusus untuk melakukan interaksi dengan obyek 3D di sekitar Anda.

Dengan desain bentuk seperti kacamata Ski, HoloLens mampu memberikan fungsi interaksi dengan obyek 3D seperti layaknya Anda berinteraksi dengan benda nyata disekitar Anda. Jadi dengan mengenakan HoloLens Anda akan bisa mengubah, membentuk, menghancurkan, memindah benda-benda 3D (benda digital) seperti Anda melakukannya pada benda nyata dirumah Anda. Jika Anda sulit membayangkan seperti apa, ingat-ingat teknologi yang dipakai Iron Man di film dengan judul yang sama.

Kecanggihan HoloLens dimunculkan dari sebuah chip berteknologi tinggi bernama Holographic Processing Unit dan diperkuat dengan sebuah sistem komputer yang mendukung teknologi HD untuk menampilkan obyek 3D yang terlihat sangat jelas  yang seakan-akan diproyeksikan di kondisi nyata sekitar Anda. Dengan kata lain, HoloLens menciptakan sebuah hologram  dalam sekala besar dan sangat nyata

Dengan teknologi yang dibawanya, HoloLens mampu mengenali gerakan penggunanya, mengenali suara, memetakan situasi sekeliling dan banyak lagi. Cara kerjanya sebenarnya juga cukup sederhana yaitu dengan chip prosesor menciptakan partikel cahaya yang berlompatan jutaan kali dan photon tersebut memasuki dua lensa HoloLens lalu memantul pada lapisan biru, hijau, dan merah sebelum diteruskan pada retina mana Anda. Jadi tak ada image / hologram asli, yang ada adalah image virtual yang dihasilkan oleh  teknologi augmented reality. Anda tertarik untuk mengetahui videonya? 

Baca juga artikel:

Android One Indonesia, Evercoss One X, Nexian Journey dan Mito Impact Siap Diluncurkan

Inilah Cara Menonton Video YouTube Secara Offline!  

Enam Penantang Smartphone Android One Milik Google

Artikel Lainnya

Komentar