Google Resmi Umumkan Peluncuran Android One di Indonesia

Oleh Tedi Yuni A on Rabu, 04 Peb 2015 | 17:03

Hari ini Rabu (4/2) secara resmi Google mengumumkan peluncuran program Android One bersama tiga partner mereka di Indonesia, Nexian, Mito, dan Evercoss. Dari siaran pers yang Pricebook terima, smartphone Android One ketiganya akan mulai dipasarkan akhir bulan Februari mendatang. Namun untuk peluncurannya sendiri, hari ini (4/2) Nexian sudah merilisnya di Jakarta dengan harga Rp999.000 dan untuk dua vendor lain, Mito dan Evercoss akan melaksanakan peluncuran produknya esok hari, Kamis (5/2).

Indonesia adalah negara kelima yang masuk dalam program Android One setelah India, Bangladesh, Nepal, dan Sri Lanka. Google menyatakan bahwa untuk distribusi tahap awal ini akan dilakukan oleh ketiga partnernya, Mito, Nexian, dan Evercoss. Google juga menegaskan smartphone Android One nantinya akan dijual kurang dari Rp1,4 juta baik melalui toko ritel (Erafone, Global Teleshop, Okeshop, dan Selular Shop) maupun online.

Ketiga smartphone Android One di Indonesian, Nexian Journey, Evercoss One X, dan Mito Impact nantinya membawa sistem operasi Android v5.0 Lollipop dan akan diperbaruhi secara otomatis selama dua tahun ke depan. Android versi terbaru dari Google tersebut diklaim dua kali lebih cepat dari versi sebelumnya dan dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan seperti hemat baterai hingga 90 menit. Tampilan Desain Material yang cepat dan responsif.

Smartphone Android One juga dilengkapi dengan Aplikasi Google Penelusuran dan Google Terjemahan yang menawarkan fitur masukan suara dalam Bahasa Indonesia, sehingga penguna tanpa harus mengetik kata yang dimaksud terlebih dahulu.

Pengguna nantinya juga bisa mengunduh Google Play Kios untuk mengakses konten dari berbagai media seperti MetroTV News, Liputan6, Tempo, Kapanlagi, Femina, dan Bola. Untuk chatting pengguna bisa menggunakan BBM yang sudah terinstal di dalam ponsel.

Untuk mengurangi biaya data pengguna, Google telah menyertakan fitur kompresi data di browser Chrome yang terpasang di ponsel Android One. Pengguna pun dapat menonton YouTube secara Offline karena Indonesia termasuk negara yang dapat mengakses fitur tersebut.

Caesar Sengupta, Wakil Presiden Google bidang Manajemen Produk, mengatakan, “Kami sangat senang dapat menghadirkan smartphone Android One di Indonesia. Bekerja sama dengan mitra yang hebat seperti Evercoss, Mito, dan Nexian, Kami berhasil mendesain dan memasarkan smartphone berkualitas tinggi, tapi dengan harga yang sangat terjangkau. Kami tidak sabar melihat reaksi konsumen di Indonesia” pungkasnya.

Baca juga artikel:

Android One Indonesia, Evercoss One X, Nexian Journey dan Mito Impact Siap Diluncurkan

Inilah Cara Menonton Video YouTube Secara Offline!  

Enam Penantang Smartphone Android One Milik Google

Artikel Lainnya

Komentar