MacBook 12 Inci Tertipis Hadir Akhir Maret 2015

Oleh Alena Yulitta on Rabu, 28 Jan 2015 | 18:47

Apple akan membuat gebrakan baru di pasar laptop dunia dengan menghadirkan MacBook tertipis yang pernah mereka buat. MacBook tertipis ini akan hadir sekitar akhir Maret 2015 ini.

Tak saja hadir dengan ketebalan yang sangat tipis, Apple juga membuat revolusi desain yang lain yaitu dengan membuang banyak sekali fitur-fitur standar seperti USB port, MagSafe Connectors, dan juga SD card slot demi mengurangi ketebalan dan berat keseluruhan secara signifikan. Namun akan ada kejutan lain yang menggantikan hilangnya fitur-fitur tersebut.

Hadir dengan ukuran layar 12 inci, MacBook ini jelas akan lebih kecil ukuranya dari MacBook versi 13 inci dan bahkan lebih ramping dari MacBook model 11 inci. Dikatakan MacBook 12 inci ini lebih ramping 1/4 inci dari versi 11 inci, loh kok bisa? Rupanya Apple banyak sekali membuang space-space yang tak berguna seperti space pada bezel yang kini dirampingkan sehingga tebal bezel pada sisi kiri dan kanan MacBook 12 inci terbaru ini tinggal beberapa milimeter saja.

Revolusi desain yang cukup radikal ini juga dilakukan pada bezel yang mengelilingi layar. Apple memangkas ketebalan bezel di semua sisi agar muat menahan layar 12 inci pada frame yang seukuran MacBook versi 11 inci. Selain itu semua bagian dari MacBook Unibody juga didesain ulang, mulai dari keyboard, trackpad, dan bahkan speakernya. Untuk  mendapatkan kerampingan yang diinginkan, selain bezel keyboard yang dibuat tipis, jarak antar tuts/tombol keyboard juga dipersempit sehingga tombol-tombol tampak lebih rapat. Bahkan ada beberapa tombol fungsi yang oleh Apple dipindahkan pada bagian atas dan juga menyederhanakan tombol panah.

Trackpad tak luput dari perubahan. MacBook 12 inci mempunyai trackpad yang seukuran dengan versi 11 inci namun diletakan lebih tinggi hampir menyentuh barisan terbawah keyboard dan frame serta memiliki fungsi click yang berbeda dengan semua model MacBook yang pernah ada.

Pada bagian atas keyboard ada empat lobang speaker yang telah didesain ulang dan berfungsi dobel menjadi lubang ventilasi untuk menjaga perangkat ini dingin karena tidak akan mempergunakan kipas untuk pendinginannya. Pada sisi samping hanya kiri hanya ada 1 port USB tipe C dan bagian kanan hanya ada 1 jack headphone. Tak ada lagi prot Thunderbolt, Magsafe, standar USB dan Slot Memori. Dikatakan bahwa USB tipe C lebih kecil dan lebih cepat dari USB 2.0 dan 3.0 dan juga bisa menggantikan fungsi Thunderbolt Display port.

Untuk prosesor belum ada bocoran lebih lanjut, namun ada rumor bahwa MacBook 12 inci ini akan membawa prosesor Intel terbaru yaitu Intel Broadwell. Menarik? Tunggu saja akhir Maret tahun ini. (Tedi)

Baca juga artikel:

Tombol Navigasi Ponsel Android Anda Rusak? Gunakan Aplikasi ini

Evercoss Winner Y, Octa Core Murah dengan Aplikasi Penghemat Kuota

Cara Mendapatkan Lebih Banyak Jackpot Draw Let’s Get Rich

Artikel Lainnya

Komentar