Ini Alasan Mengapa Linux Begitu Dicintai Programer

Oleh Nadia Maharani on Selasa, 27 Jan 2015 | 20:00

Windows menjadi sistem operasi yang mendominasi industri komputer saat ini.Bahkan, Anda mungkin salah satu penggemar sistem operasi yang dikembangkan Microsoft ini.Tapi,ada banyak programer yang lebih mencintai Linux sebagai sistem operasi andalan mereka. Mengapa?

Sistem operasi ini dirancang untuk pengalaman komputing yang lebih efektif dan lancar. Kedua poin tersebut memiliki makna penting bagi para programer. Selain itu, sistemnya amat bisa diandalkan.

Ada banyak tools gratis untuk Linux yang bisa diunduh bebas. Selain itu, Linux mempunyai Libre Office, sebuah program word processing yang memungkinkan pengguna melakukan editing, membuka dan mengirim dokumen. Program ini juga bisa didapat tanpa biaya.

Linux bebas digunakan dimana tak ada pembatasan terkait paten. Selain itu, sistem operasi ini dinilai sangat aman. Tak heran jika sebagian besar data center raksasa di dunia mengandalkan Linux.

Komunitas Linux menawarkan perbaikan keamanan terhadap berbagai threat atau permasalahan teknis yang dialami pengguna sistem operasi ini. Dengan adanya komunitas tersebut, para pengguna Linux juga bisa saling berbagi informasi.

Terdapat pula update kernel reguler serta patch keamanan. Hal ini juga berarti pengguna tak perlu membeli program antivirus. Seperti yang Anda tahu, harga sebuah antivirus dengan fitur komplit bisa mencapai puluhan Dollar.

Proses updating Linux tergolong amat simpel dan mudah. Tak seperti update sistem operasi lainnya yang tergolong ribet bagi beberapa orang, Linux justru melakukan update pada sistem operasi dan aplikasi yang terinstall pada komputer pengguna sekaligus.

Linux merupakan sistem operasi yang ringan dimana pengguna tak perlu mengkhawatirkan besaran kapasitas RAM yang dimiliki komputernya. Sebaliknya, beberapa sistem operasi lainnya membutuhkan setidaknya RAM 1 GB untuk membuatnya bekerja.

Sifatnya yang ringan membuat Linux amat cepat dalam hal eksekusi program. Pengguna bisa melakukan berbagai task dengan lancar tanpa menghabiskan banyak waktu. Hal ini juga sangat penting bagi seseorang yang memiliki hobi programming.

Kemudahan untuk mengoperasikan Linux menjadi poin lain yang membuatnya amat diminati. Tak diperlukan pelatihan intensif untuk menguasai penggunaan sistem operasi yang satu ini.Sistem operasi ini dibekali dengan beragam driver. Hal ini akan menghemat waktu pengguna yang ingin mengkoneksikan komputer Linux-nya dengan perangkat lain. Apakah Anda tertarik untuk menggunakan Linux?. (Tedi)

Baca juga artikel:

Perjalanan Smartphone Berkamera Canggih Dari Masa ke Masa

RAM 3 GB dan Harga Miring Ala Meizu MX4 Pro

Kilas Balik Perkembangan Teknologi Ponsel Kamera

Artikel Lainnya

Komentar

ariawan 28 Januari 2015 - 09:46
sebagai salah satu pengguna linux (ubuntu) yang sudah cukup lama, saya setuju sekali dengan artikel ini. super!
Bima Satria 28 Januari 2015 - 18:05
Linux bapaknya android nih