Ternyata Kamera Smartphone Megapiksel Besar Tak Selalu Bagus!

Oleh Nadia Maharani on Senin, 26 Jan 2015 | 15:19

Teknologi kamera pada smartphone selalu berkembang dalam waktu ke waktu. Dalam hitungan tahun, bahkan bulan, selalu ada inovasi yang membuat kamera makin canggih. Salah satu hal yang terus berkembang adalah besaran megapiksel pada kamera.

Untuk memahami mengenai megapiksel, Anda harus tahu pengertian dari piksel. Ini adalah representasi dari sebuah titik yang paling kecil pada suatu gambar grafis berdasarkan ukuran per inci.

Megapiksel terdiri dari satu juta piksel atau titik elemen pada sebuah gambar. Hal ini berarti resolusi gambar akan semakin tinggi jika jumlah megapiksel makin besar.

Terkait kamera digital, megapiksel menggambarkan jumlah elemen image sensor. Sebagai contohnya, sebuah kamera yang mampu menghasilkan image 2048 x 1536 piksel pada umumnya memakai kolom dan baris elemen sensor ekstra. Hal itu juga merujuk pada besaran jumlah hingga 3,4 megapiksel.

Namun, jumlah megapiksel yang besar tak serta merta membuat kualitas image menjadi lebih baik. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Ada banyak elemen dari sebuah kamera smartphone yang mempengaruhi kualitas image. Sebuah kamera digital dengan resolusi 5 megapiksel mampu menghasilkan foto berukuran A4 yang bagus. Pada smartphone, Anda kini bisa menemukan perangkat yang menawarkan kamera hingga 20 MP.

Tetapi, jika Anda membandingkan hasil bidikan smartphone dengan kamera 8 MP dan 13 MP, seringkali hasilnya di luar dugaan dimana smartphone dengan besaran megapiksel lebih kecil menghasilkan image yang lebih jernih dan terang.

Jumlah megapiksel tak berarti banyak jika tak didukung dengan ukuran sensor pada kamera. Kala membidik obyek, sinar masuk melalui lensa lalu melewati sensor yang menangkap informasi dan menerjemahkannya menjadi sinyal elektronik.

Ukuran sensor image memainkan peran yang amat penting karena berkaitan dengan banyaknya sinar yang bisa disimpan. Sinar yang banyak akan membuat sebuah gambar semakin bagus.

Sebuah smartphone yang amat tipis biasanya akan mengorbankan ukuran sensor. Alih-alih meningkatkan ukuran sensor, sebagian besar produsen hanya menambah jumlah megapiksel.

Ukuran sensor pada sebuah smartphone biasanya tak tertera dalam spesifikasi. Produsen hanya menyebutkan besaran megapiksel dan hal ini yang kerap membuat sebagian besar konsumen terlena.

Untuk mengetahui kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera smartphone, sebuah tes harus dijalankan. Dengan hasil yang didapat, kualitasnya bisa

dinilai. Itu sebabnya, jika Anda mencari sebuah smartphone dengan kamera bagus, ada baiknya Anda mencari reviewnya terlebih dahulu. (Tedi)

Baca juga artikel:

Perjalanan Smartphone Berkamera Canggih Dari Masa ke Masa

RAM 3 GB dan Harga Miring Ala Meizu MX4 Pro

Kilas Balik Perkembangan Teknologi Ponsel Kamera

Artikel Lainnya

Komentar