Perjalanan Smartphone Berkamera Canggih Dari Masa ke Masa  

Oleh Nadia Maharani on Senin, 26 Jan 2015 | 07:07

Tahun 2000 adalah awal mula diselipkannya fitur kamera pada ponsel. J-SH04 menjadi pelopor ponsel berkamera dimana hasil bidikannya bisa dikirim secara elektronik. Hal ini mengubah cara kita berkirim informasi.

Tahun demi tahun, perkembangan teknologi kian pesat. Ponsel konvensional digantikan oleh smartphone yang hadir dengan sistem operasi unik. Kini, smartphone menjadi jelmaan komputer mini multifungsi.

Kehadiran smartphone tentunya didukung dengan teknologi kamera yang kini menjadi fitur wajib. Resolusi yang ditawarkanpun makin besar. Jika 15 tahun silam, ponsel memiliki kamera 0,11 MP, kini Anda bisa menemukan kamera dengan resolusi hingga 20 MP bahkan lebih.

Tak bisa dipungkiri lagi, kehadiran kamera beresolusi tinggi yang didukung dengan teknologi ekstra, semacam filter effects, autofocus dan sebagainya, lambat laun menggeser kedudukan kamera pocket sebagai alat dokumentasi praktis.

Tentu saja, setiap teknologi pasti memiliki sebuah awal. Smartphone dengan kamera canggih pun memiliki cikal bakal. Salah satu ikon yang menerobos pengembangan teknologi kamera adalah iPhone 4. Perangkat ini memiliki kamera yang dijejali dengan beragam teknologi inovatif. Kualitas foto yang dihasilkan layak adu dengan hasil jepretan kamera konvensional.

Nokia N8 juga menjadi salah satu smartphone yang ikut mendasari lahirnya smartphone dengan kamera canggih. Kualitas bidikannya mengundang decak kagum. Sayangnya, Nokia masih mengandalkan Symbian sebagai sistem operasinya. Pada saat itu, Android dan iPhone tengah menyihir pasar, membuat langkah Symbian kian tertinggal.

Nokia 808 PureView menjadi smartphone lain bikinan produsen asal Finlandia tersebut. Smartphone yang, lagi-lagi, berjalan di sistem operasi Symbian ini menawarkan kamera 41 MP yang mampu mengurangi noise. Seperti yang diperkirakan sebelumnya, smartphone ini kembali tenggelam akibat derasnya arus Android dan iPhone.

Pada 2013 lalu, HTC menggebrak pasar dengan meluncurkan HTC One yang dikemas dengan teknologi imaging kamera UltraPixels. HTC mengembangkan teknologi ini untuk memberikan kemampuan pada lensa agar bisa menyerap sinar sebanyak mungkin. Selain itu, HTC One dibekali dengan chip imaging yang mampu memanipulasi data image mentah.

Samsung pun tak mau ketinggalan dalam perlombaan pengembangan teknologi kamera smartphone. Menghadirkan Galaxy S4 Zoom, Samsung menawarkan kamera 16 MP yang dilengkapi dengan kemampuan optical zoom hingga 10 kali.

Hal ini berdampak pada kualitas foto yang dibidik dari jarak cukup jauh sehingga tak terlihat pecah. Tak hanya itu, terdapat Xenon flash yang akan mengoptimalkan fungsi kameranya.

Ingin mengulang kembali gebrakannya, Nokia meluncurkan Lumia 1020, sebuah smartphone dengan kamera resolusi tinggi. Didukung aplikasi Nokia Pro Cam, pengguna bisa mendapatkan hasil jepretan sempurna. Kali ini, Nokia Lumia 1020 dibekali dengan sistem operasi Windows Phone 8.

Dari waktu ke waktu, terus muncul gebrakan-gerakan baru yang disematkan pada kamera smartphone. Jumlah piksel yang dimilikinya pun makin besar. Penasaran dengan masa depan kamera pada smartphone? Kita tunggu saja terobosan anyar para produsen selanjutnya. (Tedi)

Baca juga artikel:

Perjalanan Smartphone Berkamera Canggih Dari Masa ke Masa

RAM 3 GB dan Harga Miring Ala Meizu MX4 Pro

Kilas Balik Perkembangan Teknologi Ponsel Kamera

Artikel Lainnya

Komentar