Mengenal Teknologi Retina Display dari Apple

Oleh Alena Yulitta on Jumat, 23 Jan 2015 | 16:06

Layar terbaru Apple, diperkenalkan pada tahun 2010 dengan nama yang ‘Wah’ yaitu “Retina Display”, istilah yang dibuat oleh Apple karena mata manusia tidak bisa melihat titik-titik pixel di layar jenis ini karena resolusinya yang tinggi. Oleh sebab itu, tampilan gambarnya lebih jernih dan seolah hidup.

Pertama kali disematkan pada iPhone 4, namun saat itu masih tidak diperhatikan orang, baru ketika teknologi ini diperbaharaui dan dipasang pada New iPad Mini, layar ini baru mendapat sorotan karena kejernihan layarnya. Sejak saat itu, Apple mulai menyematkan teknologi ini ke semua produk buatannya.

Teknologi ini bermain dikepadatan pixel per inch (banyaknya pixel yang ada dalam area 1 x 1 inci) disebut juga ppi. Sebagai contoh, New iPad mempunyai resolusi 2048 x 1536 pixel dengan 246ppi, artinya setiap inci persegi mempunyai 246 pixels yang diatur sedemikian rupa. Kerapatan sebesar ini masih terbilang kecil, namun karena didukung dengan teknologi Retina Display, maka tampilan New iPad bahkan lebih jernih dari HDTV.

Secara umum teknologi retina display bisa dipergunakan pada screen yang mempunyai kepadatan minimal 163ppi, namun jika ada perangkat dengan kepadatan yang sama seperti New iPad, katakanlah 246ppi dan diberi teknologi yang persis Retina Display, maka hasilnya akan lain dengan tampilan pada New iPad, karena memang Apple yang menemukan dan memiliki teknologi ini, yang paling cocok dengan retina mata manusia.

Kelebihan teknologi Retina Display yang dimiliki Apple ini selain gambar yang super jernih, juga tampak sangat natural dan hidup. Tampilan yang hampir mirip dengan apa yang mata Anda lihat di sekeliling Anda ini membuat mata pengguna tidak mudah lelah dan beban otot mata untuk memandangi layar dalam waktu lama juga sangat berkurang.

Sebenarnya teknologi retina display ini juga bisa dikembangkan oleh perusahaan lain, namun karena Apple telah mematenkan istilah tersebut, maka harus ada nama lain untuk menyebutnya. Sekarang sudah banyak teknologi yang mirip retina display dan bahkan melebihi kualitasnya seperti teknologi layar 4K Ultra HD. Bahkan teknologi retina display sudah ditiru 100 persen oleh salah satu vendor smartphone dari Tiongkok. (Tedi) 

Artikel Lainnya

Komentar