Qualcomm Siapkan Snapdragon 820 Octa Core 14nm

Oleh Alena Yulitta on Jumat, 23 Jan 2015 | 15:39

Ditengah gonjang-ganjing produksi chip octa core Snapdragon 810 yang mengalami masalah pada suhu yang terlalu tinggi saat digenjot pada clock speed tertentu, Qualcomm rupanya telah merencanakan generasi berikutnya dari Snapdragon yaitu Snapdragon 820.  Seperti diketahui, Qualcomm menunda peluncuran prosesor octa core Snapdragon 810 karena masalah overheat.

Hal ini tidak bisa disepelekan karena bisa saja inti prosesor meleleh dan membuat kerusakan yang lebih parah pada part perangkat yang lain.  Berita Snapdragon 810 yang kepanasan beresiko membuat beberapa vendor yang hendak meluncurkan perangkat berbasis Snapdragon 810 akan tertunda, seperti Samsung, LG, dan HTC.

Namun, seakan tidak terpengaruh dengan masalah tersebut, sebuah fakta dibocorkan @leaksfly dari sumber terpercaya Qualcomm, yang mengatakan bahwa pada akhir tahun ini akan ada perangkat yang diluncurkan dengan mempergunakan prosesor generasi berikutnya dari Snapdragon, yaitu seri 820.

Menurut dokumen rencana yang dibocorkan, yang juga memuat rencana rilis prosesor terbaru SoCs yang terdiri dari Snapdragon 815, 625/629, 620, dan 616, bahwa Snapdragon 820 akan berjalan di atas struktur 64bit yang mempergunakan 8 buah inti buatan Tiongkok dan akan dibangun dengan teknologi 14nm yang juga disebut sebagai Samsung 14nm “FinFet”. Ini adalah teknologi semikonduktor tercanggih milik Samsung yang juga dipergunakan untuk memproduksi Exynos seri terbaru. Teknologi ini mampu mendorong performance dan juga efisiensi daya.

Dokumen yang sama juga membocorkan bahwa perangkat yang akan diluncurkan pada akhir tahun, bersamaan dengan Snapdragon 820 ini akan mempunyai spesifikasi “super” seperti Adreno 530, DDR4 RAM, dan juga MDM9X5 LTE-A Kategori 10 modem. Perlu diketahui, saat ini perangkat paling cepat adalah Galaxy Note 4 S-LTE yang mempunyai koneksi LTE kategori 9 dan baru ada di Korea Selatan saja karena negara lain belum ada  yang mampu mengembangkannya.

Namun perlu diperhatikan bahwa info bocoran ini belum dapat dipertanggungjawabkan karena saat ini banyak sekali akun Twitter yang mencari nama dengan membuat hoax, apalagi @leaksfly termasuk masih baru dan informasinya harus ditanggapi dengan lebih cerdas, demikian ungkap beberapa pengamat smartphone yang ditulis di website mereka. (Tedi)

Baca juga artikel:

WhatsApp Kini Bisa Diakses dengan PC Desktop, Begini Caranya!

Mengenal Revolusi Android dari Waktu ke Waktu

Solusi Sederhana Atasi Baterai Boros Redmi 1S

Artikel Lainnya

Komentar