Daftar Antivirus PC Lokal Terbaik  

Oleh Nadia Maharani on Rabu, 21 Jan 2015 | 10:29

Sering dibuat geregetan oleh virus yang diam-diam menyusup ke komputer kesayangan Anda meski sudah meng-install software Antivirus buatan perusahaan luar negeri paling top? Mungkin ini sudah waktunya beralih ke antivirus buatan lokal.

Ada beberapa alasan mengapa antivirus lokal amat direkomendasikan, salah satunya karena tak semua antivirus luar negeri mampu mengidentifikasi virus lokal. Sebaliknya, antivirus lokal dapat menemukan threat tanpa butuh waktu lama. Berikut adalah antivirus terbaik yang bisa Anda gunakan:

Smadav Antivirus

Tersedia dua versi untuk software antivirus Smadav, yakni Smadav Free dan Pro. Tentu saja perbedaannya keduanya adalah fitur-fitur yang ditawarkan oleh masing-masing versi.

Software ini bisa dikombinasikan dengan antivirus lain, semacam Kaspersky dan Norton untuk meningkatkan pertahanan komputer Anda. Smadav juga memiliki teknologi yang bisa mencegah penularan virus melalui media flashdisk.

Kompas Antivirus

Nama piranti lunak pelindung PC dari threats ini memang belum sepopuler Smadav. Namun, ketangguhannya dalam memberikan proteksi sangat memuaskan.

Hal yang membuat Kompas Antivirus ini layak install adalah database virus miliknya yang banyak. Kompas Antivrus juga amat user-friendly sehingga mudah untuk digunakan. Terdapat dua versi Kompas Antivirus yang bisa Anda pilih, yaitu versi free dan Pro.

PC Media Antivirus

Dikenal dengan nama PCMAV, PC Media Antivirus ini adalah salah satu aplikasi pelindung PC terbaik di Indonesia. Software ini mampu bekerja secara optimal berkat databasenya yang cukup lengkap dimana PCMAV pun memanfaatkan database eksternal dari ClamAV.

Kemampuan deteksi terhadap virus yang dimiliki PCMAV termasuk akurat. Adapun beberapa fitur yang ditawarkannya antara lain adalah Real-time Protection, Link Protector, CatchCrypted hingga Block Program on the USB/Card.

ARTAV Antivirus

Dikembangkan pada tahun 2009, software ini menjadi salah satu pilihan terbaik. Pada 2010, ketika software antivirus ini mulai di-publish di sebuah blog dan bisa diunduh bebas, muncul kontroversi yang menyebutkan jika source code ARTAV adalah hasil plagiat.

Sejak munculnya kontroversi tersebut, pada akhirnya ARTAV dikembangkan ulang. Beragam penghargaan yang berhasil diraih antivirus ini menunjukkan jika ARTAV adalah salah satu software yang mampu membasmi virus secara efektif. (Tedi)

Baca juga artikel:

Mengenal Lebih Jauh Jaringan Seluler di Tanah Air

Mengenal Jenis-jenis SIM Card Handphone

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Artikel Lainnya

Komentar