Snapdragon 810 Bermasalah, Smartphone Premium LG dan Samsung Tertunda

Oleh Alena Yulitta on Jumat, 12 Peb 2016 | 13:23

Sudah banyak sekali rumor yang beredar di internet bahwa beberapa perangkat superphone premium dari LG dan Samsung akan mempergunakan prosesor terbaru Qualcomm 810 yang telah mengusung teknologi 64bit dan octacore, namun kini tersiar kabar bahwa peluncuran perangkat tersebut bisa saja ditunda atau bahkan gagal karena chipset Snapdragon 810 mengalami masalah pada tahap akhir produksinya.

Sudah mulai tercium kabar sejak akhir tahun lalu bahwa chipset terhebat buatan Qualcomm, Snapdragon 810 mengalami masalah pada tingkat suhu prosesor. Inti Cortex-A57 yang dimasukkan ke dalam Snapdragon 810 menjadi overheating ketika clock speed digeber sampai dengan 1,2 GHz – 1,4 Ghz dan memaksa Qualcomm untuk menunda peluncuran chipset paling mutakhir tersebut untuk menghindari masalah yang lebih serius saat dipergunakan.

Qualcomm sendiri justru menolak isu yang berkenaan dengan masalah ada chipset 64bit buatan mereka tersebut. Masalah overheatiing pada prosesor adalah masalah yang sangat pelik dan susah dicari solusinya karena jika prosesor terlalu panas, bisa saja  intinya meleleh dan prosesor tidak akan berfungsi.

Banyak pengamat yang menduga bahwa munculnya masalah overheating ini gara-gara Qualcomm memaksakan diri untuk mengembangkan Snapdragon 810 dengan lebih cepat. Hal itu dilakukan agar bisa bisa menghadapi chipset Apple A8 yang saat ini sedang dalam proses pengerjaan di salah satu fasilitas produksi Samsung di Amerika, selepas Apple memutus kontrak dengan produsen prosesor dari Taiwan.

Dugaan ini didasarkan pada kenyataan bahwa prosesor milik Samsung, Exynos 5433 yang juga mempergunakan Cortex-A57 tidak mengalami overheating seperti Snapdragon 810.

Para pengamat yakin hal  ini akan memaksa Qualcomm melakukan pengembangan lebih lanjut dan menempatkan perusahaan ini pada posisi yang beresiko karena sedikit saja keterlambatan produksi, maka konsumen (Samsung dan LG) akan segera mengganti chipset mereka ke perusahaan kompetitor seperti nVidia.

Hal ini karena Samsung dan LG, serta vendor smartphone lain yang dulunya hendak mempergunakan Snapdragon 810 tidak ingin kehilangan momen untuk meluncurkan perangkat terbaru mereka ke pasaran. Jadi ada dua kemungkinan, para vendor smartphone menunda peluncuran perangkat mereka, yaitu Samsung Galaxy S6, LG G Flex 2, dan Sony Xperia Z4 Compact, atau mengganti chipset dengan buatan selain Qualcomm. Mari kita tunggu saja. (Tedi)

Baca juga artikel:

Aldo T33, Android Lokal 7 Inci Rp700an Ribu

Buat Android Anda Berasa iOS 7, Ini Caranya!

Huawei G628, Smartphone Octa Core 64-bit Harga Murah

Samsung Galaxy J1, Smartphone Android dengan Chipset Marvell PXA1908

Empat Aplikasi Chatting Buatan Anak Negeri yang Perlu Anda Ketahui

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 15 Januari 2015 - 18:29
KWkwkw paling nanti samsung pake mediatek