Tipe-tipe RAM DDR yang Digunakan pada Komputer

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Selasa, 13 Jan 2015 | 14:55

RAM atau Random Access Memory adalah bagian hardware yang berfungsi sebagai tempat penyimpan data sementara. Data pada RAM akan diakses oleh prosessor inti saat sebuah program sedang dijalankan. RAM ini memiliki berbagai tipe. Tetapi yang akan Pricebook bahas kali ini adalah tipe RAM yang ada pada komputer PC. 

Tipe RAM yang digunakan komputer saat ini adalah tipe RAM DDR3. Sebelum menggunakan tipe DDR3, banyak perangkat komputer yang menggunakan tipe RAM generasi sebelumnya, yakni RAM DDR2. Jauh sebelumnya lagi, terdapat RAM DDR1.

Bahkan, sebelum era DDR, komputer banyak menggunakan tipe RAM SDR, RDR, EDO RAM, FP RAM, dan banyak lagi. Namun, pembahasan kali ini adalah tentang perkembangan RAM DDR dari awal sampai teknologi terbaru.

Berikut penjelasan singkatnya.

RAM DDR 

Menjelang akhir abad 20, kebutuhan RAM berkapasitas besar sangat penting untuk mengimbangi kecepatan CPU. Karena alasan itu, dikembangkanlah tipe RAM DDR atau double data rate transfer.

RAM DDR generasi pertama ini diadaptasi dari RAM pada VGA card. RAM yang dikenal dengan nama DDR1 ini pun menjadi standar terbaru saat itu.

Dengan kecepatan transfer mulai dari 200 MHz sampai 400 MHz, DDR1 mampu membantu kinerja CPU yang saat itu terus ditingkatkan kecepatannya. RAMD DDR1 ini pertamkali dipakai oleh AMD pada motherboard ciptaan mereka.

RAM DDR2

Ketika teknologi CPU terus meningkat, RAM yang lebih baik dibandingkan DDR generasi pertama pun sangat dibutuhkan. Karena itu, hadirlah RAM DDR2. Tipe RAM ini cukup populer karena saat itu banyak pengguna yang menggunakan komputer dengan prosesor Intel Pentium 4 ke atas.

DDR2 RAM sendiri hadir dengan frekuensi kecepatan mulai dari 400 MHz hingga 1066 MHz. Teknologi RAM generasi kedua ini juga dikenal cukup baik dari segi daya karena hanya mengonsumsi 1,8V saja.

RAM DDR3

Tipe RAM DDR3 adalah tipe RAM modern yang banyak digunakan diberbagai perangkat. Tidak hanya perangkat PC, tetapi juga perangkat canggih lainnya.

RAM generasi ketiga ini mendukung transfer rate lebih tinggi,yakni sampai 2133 MHz. RAM DDR3 ini puh hadir dengan konsumsi listrik yang lebih irit, yakni 1,5V saja.

Tipe RAM DDR3 ini tampaknya masih akan cukup lama mendukung berbagai hardware meskipun RAM DDR4 sudah diluncurkan pada tahun 2014.

RAM DDR4

RAM DDR4 adalah tipe DDR generasi ke empat yang hadir dengan kecepatan  transfer rate lebih tinggi dibandingkan DDR3.

DDR4 ini mendukung kecepatan mulai dari 2133 MHz hingga 4266 MHz, sebuah kecepatan transfer rate yang tergolong luar biasa.

Tipe RAM yang disebut juga sebagai DDR4 SDRAM ini sudah dikomersilkan pada tahun 2014. Padahal, teknologi ini pengembangannya sudah cukup lama. Tampaknya butuh waku beberapa tahun ke depan, sampai RAM yang hanya mengonsumsi daya 1,05V ini banyak digunakan diberbagai perangkat.

Demikianlah perkembangan RAM DDR dari mulai generasi ke satu sampai generasi ke empat. (Tedi)

Baca juga artikel:

Mito Prime, Tablet 7 Inci dengan RAM 1 GB

Lima Windows Phone yang Beredar di Pasar Tanah Air

Acer Liquid Z500, Menjajal Ponsel Rp2juta dengan RAM 2 GB

Artikel Lainnya

Komentar