Ini Dia Tablet dengan Dua Sistem Operasi

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Selasa, 13 Jan 2015 | 12:41

Produsen tablet dari Tiongkok menawarkan sebuah perangkat tablet alternatif yang bisa berjalan dengan dua sistem operasi, Windows OS dan Android OS. Produk tersebut dinamakan dengan Chuwi Vi8.

Produk yang satu ini sebenarnya adalah produk tablet yang sebelumnya memiliki sistem operasi Windows. Namun, produsennya kemudian menghadirkan varian dari Chuwi Vi8 yang hadir dengan dua sistem operasi.

Chuwi Vi8 ini diperkirakan akan hadir dengan bentangan layar 8 inci dengan resolusi 1280 x 800 piksel. Jenis layar yang digunakan adalah jenis layar IPS yakni jenis layar yang memungkinkan pengguna untuk melihat gambar lebih jelas dari berbagai sudut.

Layarnya ini dikemas dengan bentangan pinggiran kasing berwarna hitam. Konsep sederhana ini membuat Chuwi Vi8 terlihat sebagai tablet dengan desain yang elegan.

Chuwi Vi8 ditenagai dengan dapur pacu dari Intel. Jenis dapur pacu yang digunakan adalah Intel Atom Z3735F. Prosesor ini adalah prosesor empat inti dengan teknologi Bay Trail, sebuah teknologi prosesor terbaru dari Intel yang menghadirkan komputasi berkinerja baik dengan hanya mengonsumsi daya yang rendah.

Prosesornya ini akan dipadukan dengan RAM 2 GB yang tentunya akan sangat berguna untuk menjalankan berbagai program secara bersamaan.

Mengingat Chuwi Vi8 menjalankan dua sistem operasi, tidak heran jika produsen produk ini menghadirkan memori internal yang besar. Memori internal pada tablet ini adalah 32 GB. Tentunya kapasitas itu belum termasuk system storage, baik untuk Windows 8.1 maupun untuk Android Kitkat.

Tidak banyak hal yang diungkap dari tablet yang satu ini. Yang pasti, tablet dengan dua sistem operasi ini sebenarnya bukan hal baru. Saat CES 2014 digelar, banyak tablet yang memiliki konsep seperti ini.

Sayangnya, banyak produk tersebut tidak diungkap. Kabarnya ada sedikit tekanan dari Microsoft dan Google tentang konsep perangkat dua sistem operasi ini. Sementara Produsen yang menghadirkan Chuwi Vi8 tampaknya tidak peduli dengan adanya tekanan tersebut.

Untuk melihat lebih jelas konsep Chuwi Vi8, silakan tonton video tentang Chuwi Vi8 yang diunggah ke situs Youku. Dari video tersebut, terlihat jelas bahwa tablet tersebut menjalankan Windows 8.1. Kemudian penggunanya mematikan Chuwi Vi8. Ketika dinyalakan kembali, Chuwi Vi8 menjalankan Android 4.4 Kitkat. (Tedi)

Selengkapnya bisa disimak di video berikut ini.

Baca juga artikel: 

Mito Prime, Tablet 7 Inci dengan RAM 1 GB

Lima Windows Phone yang Beredar di Pasar Tanah Air

Acer Liquid Z500, Menjajal Ponsel Rp2juta dengan RAM 2 GB

Artikel Lainnya

Komentar