Asiafone AF79, Android Jelly Bean Rp399 ribu.

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Selasa, 06 Jan 2015 | 15:17

Vendor lokal Asiafone menghadirkan perangkat Android sangat murah, yakni Asiafone AF79. Merupakan ponsel pintar Android yang dijual dengan harga Rp399 ribu.

Tentu dengan harga tersebut, membuat Asiafone AF79 ditujukan untuk para pengguna pemula yang ingin mencicipi ponsel Android.

Dari harga yang ditawarkan, tampak jelas bahwa spesifikasi yang diusung Asiafone AF79 ini tidak wah. Tengok saja layarnya yang hanya mengusung layar 3,5 inci.

Dengan layar sekecil itu, resolusi yang dihadirkan juga tidak terlalu besar. Ponsel ini ternyata hanya mengusung resolusi HVGA 320 x 480 piksel dengan kerapatan layar 165 ppi. Layarnya juga tidak menggunakan teknologi IPS LCD, melainkan TFT kapasitif

Serupa dengan layar, dapur pacu ponsel ini hanya dibekali prosesor dual core tipe ARM Cortex-A5 dengan kecepatan 1 GHz. Prosesor ini didukung dengan GPU Mali-400 dan RAM yang hanya 256 MB.

Tentu ini membuat Asiafone AF79 hanya bisa digunakan untuk keperluan aplikasi dasar. Ponsel ini juga tidak akan mendukung multitasking karena RAM-nya yang kecil membuat Asiafone AF79 tidak bisa menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan. 

Serupa dengan RAM, memori internal Asiafone AF79 juga memiliki kapasitas yang sama, yakni 256 MB. Hal ini membuat pengguna harus menggunakan memori eksternal lewat slot microSD yang ada di ponsel ini. Untungnya, slot microSD ini bisa menampung hingga 32 GB.

Ponsel ini mendukung penggunaan dual SIM. Dukungan terhadap WiFi dan Bluetooth juga sudah dihadirkan lewat ponsel ini. Sayang seribu sayang, Asiafone AF79 hanya mendukung jaringan 2G dan tidak mendukung jaringan 3G HSPA.

Untuk kamera, Asiafone AF79 hanya hadir dengan kamera belakang 2 MP. Sebuah resolusi kecil memang, tetapi kameranya ini telah didukung oleh  LED Flash. Tidak ada kamera depan di Asiafone AF79. Hal ini membuat ponsel ini tidak bisa digunakan untuk selfie maupun video call.

Selain spesifikasi kameranya yang rendah, Asiafone AF79 hadir dengan baterai yang hanya berkapasitas 1100 mAh saja. Mungkin salah satu kelebihan dari smartphone ini hanya terletak dari sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean yang diusungnya.

Pasalnya, tidak banyak smartphone di bawah Rp500 ribu yang mengusung Android 4.0 ke atas. Tertarik dengan smartphone ini? Kalau untuk pemula, Asiafone AF79 ini cukup cocok digunakan. Tetapi untuk mereka yang membutuhkan kemampuan lebih, tentu ponsel ini bukanlah pilihan. (Tedi)

Baca juga artikel:

LG G3 A, Siap Menggebrak Pasar Android

HTC Hima Alias HTC One M9, Suksesor M8 dengan Kamera 20,7 MP 

Asus Code Name Z007 Segera Menyusul X002

Artikel Lainnya

Komentar