Samsung Memulai Produksi Chipset dengan RAM 8 GB

Oleh Agung Haryanto on Minggu, 04 Jan 2015 | 10:40

Meski diterpa kabar tak sedap tentang penjualan ponselnya yang terus menurun, Samsung tidak berhenti untuk berinovasi dan memproduksi sesuatu yang baru. Kali ini, Samsung Electronics, mengumumkan bahwa mereka telah memulai produksi RAM 8 GB (LPDDR4) untuk ponsel dan berdaya rendah dengan ukuran 20-nanometer (nm). Memori jenis LPDDR adalah yang paling banyak digunakan untuk perangkat ponsel di seluruh dunia.

"Dengan memulai produksi 20nm 8 GB LPDDR4, yang bahkan lebih cepat dari DRAM untuk komputer dan server dan mengkonsumsi lebih sedikit energi, Kami berkontribusi terhadap peluncuran tepat waktu UHD, perangkat bergerak dengan layar ultra besar," kata Joo Sun Choi, Executive Vice President penjualan dan pemasaran Samsung Electronics. Ditambahkannya, karena ini menunjukkan kemajuan besar dalam memori ponsel, pihaknya akan akan terus erat bekerjasama dengan produsen ponsel global untuk mengoptimalkan penggunaannya.

20nm baru 8 GB LPDDR4 menawarkan dua kali lebih cepat performa dan kepadatan dibandingkan dengan 4 GB LPDDR3. Selain itu, RAM generasi terbaru ini lebih hemat energi sehingga akan memperpanjang masa kerja baterai ponsel.

Samsung 4 GB LPDDR4 Terpilih sebagai Honoree pada CES Innovation Awards 2015. Dengan memenangkan penghargaan ini, Samsung menjadi satu-satunya perusahaan yang telah memenangkan CES Innovation Awards selama tiga tahun berturut-turut dengan produk DRAM untuk perangkat bergerak di tahun 2013 dan 2014.

Karena tingkat data I/O hingga 3.200 megabit per detik (Mbps), yang dua kali lebih cepat daripada DDR3 DRAM yang digunakan di komputer, RAM 8 GB baru LPDDR4 dapat mendukung Ultra HD, baik untuk merekam, memainkan dan pengambilan gambar terus menerus dengan resolusi tinggi lebih dari 20 MP. RAM generasi terbaru ini akan mulai digunakan di awal tahun 2015 pada ponsel-ponsel generasi mendatang. (Tedi)

Baca juga artikel:

Cara Buat Koneksi Internet Makin Cepat dan Efisien di Android

BBM Android Lelet, Ini Solusinya!

LG G3 A, Siap Menggebrak Pasar Android

Artikel Lainnya

Komentar