Jelang Natal, iPod Classic Kian Diburu

Oleh Nadia Maharani on Jumat, 12 Peb 2016 | 11:45

Meski secara resmi produksi iPod Classic telah dihentikan, antusiasme pasar terhadap produk tersebut tetap tinggi. Hal itu terlihat dari tingginya permintaan akan iPod Classic menjelang Natal di berbagai toko online.


Dilansir dari The Guardian, pembeli rela membayar 4 kali lebih mahal dari harga awalnya demi mendapatkan alat pemutar musik portabel buatan Apple tersebut. Fenomena itu diamati dari berbagai toko online di Inggris.

Untuk sebuah model iPod Classic dengan kapasitas 160 GB, para pemburu perangkat yang langka tersebut rela merogoh kocek hingga 550 Poundsterling. Mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan iPod Classic sebelum menghilang dari pasaran.

Tak hanya di negara tersebut, hal serupa juga terjadi di berbagai situs yang berbasis di Amerika Serikat, seperti Amazon dan eBay.

Melambungnya harga iPod Classic sudah diprediksi oleh editor Stuff Magazine, Will Dunn. Ia menyarankan untuk membeli iPod Classic karena harganya akan naik berkali-kali lipat.

Peningkatan permintaan yang tajam tersebut didorong oleh musim liburan menjelang Natal. Perangkat ini menjadi salah satu hadiah populer pada Natal tahun ini.

Bahkan, Daily Mail menyebutkan bila iPod Classic adalah produk “terpanas” Apple saat ini, melebihi produk-produk lain yang dirilis produsen komputer raksasa tersebut tahun ini.

Bukan tanpa sebab jika Apple akhirnya memutuskan untuk menghentikan produksi pemutar musik tersebut. Berdasarkan data, penjualan iPod Classic kian menurun akibat tergeser popularitas pemutar musik layar sentuh, seperti iPod Touch, dan smartphone.

Selain itu, iPod Classic dianggap terlalu “primitif” dibanding para pesaingnya. Tubuhnya pun tergolong bongsor saat disandingkan dengan sederet pemutar musik terbaru. Alasan lain yang menjadi masalah adalah kurangnya ketersediaan komponen untuk perakitan iPod Classic. Hal itulah yang membuat produksi Apple dihentikan beberapa bulan lalu.

Dikutip dari appadvice.com, Tim Cook selaku CEO Apple mengatakan, “kami harus membuat sebuah produk baru (untuk menggantikan iPod Classic).”

Ada banyak alasan mengapa iPod Classic menjadi perangkat yang amat diminati. Dengan pemutar musik tersebut, pengguna bisa menyimpan puluhan ribu lagu tanpa harus melakukan registrasi di sebuah website. Mereka bahkan tak perlu membayar biaya bulanan.(Tedi)

Baca juga artikel:

Onda V975M, Cara Murah Menikmati Retina Display Selain di iPhone

Ini Bocoran Produk Yang Akan Dirilis Apple pada 2015

Download Whatsapp Plus Ke Zenfone Anda, Gratis!

Artikel Lainnya

Komentar